ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kelompok HAM Palestina Tolak UU Permukiman Israel yang Baru

0

RAMALLAH – Kelompok HAM Palestina menantang hukum baru yang kontroversial di permukiman Israel di Mahkamah Agung Israel pada hari Rabu kemarin (8/2/2017), Anadolu Agency melaporkan.

Dalam pernyataan bersama, LSM Israel-Arab Adalah dan Jerusalem Legal Aid Center mengatakan mereka berencana mengajukan petisi resmi atas nama dewan lokal Palestina di Tepi Barat yang diduduki, terkait pembangunan permukiman Israel.

“Tujuan utama dari undang-undang ini adalah untuk memvalidasi pemukiman ilegal di Tepi Barat,” kata pengacara Adalah, Suhad Bishara dalam sebuah pernyataan.

“Pertimbangan politik langsung bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB [nomor 2334] pada 23 Desember 2016, yang menegaskan kembali ilegalitas permukiman Israel,” tambah Bishara.

Seiring dengan 50 pos ilegal di Tepi Barat yang diduduki akan surut disetujui di bawah UU baru Israel yang disahkan oleh parlemen Israel pada hari Senin lalu. UU baru itu juga memungkinkan tanah Palestina disita untuk pembangunan permukiman Israel meskipun hal itu pelanggaran hukum internasional.

UU baru tersebut telah menuai kritik keras dari Palestina dan masyarakat internasional, yang melihat UU itu mengancam solusi dua negara untuk sengketa Palestina-Israel.[fq/islampos]

loading...
loading...