islampos
Media islam generasi baru

Kecewa Terus-terusan Mengharap Anak Perempuan?

Foto: AliExpress.com
0

 

Oleh: Iman Munandar, Pengajar YPI Bani Ibrahim al-Islamiyyah
iman_fisabillah@yahoo.com>

Entah kenapa sebagian besar orang tua lebih mengharapkan mempunyai keturunan anak laki-laki daripada anak perempuan. Seolah-olah anak lelaki itu lebih utama dari anak perempuan. Termasuk saya dan istri, sudah 3 kali kehamilannya positif perempuan terus.

Bagaimana pandangan Islam mengenai mempunyai anak perempuan? Ada sebuah hadist yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah ra., ia berkata : Rosulullah Saw. bersabda : “Barangsiapa mempunyai tiga anak perempuan, ia mengasuh mereka, memenuhi kebutuhan mereka dan mengasihi mereka, maka telah wajib baginya surga. Lalu seorang laki-laki di antara kaum ada yang bertanya, ‘Dan juga dua anak perempuan wahai Rosulullah?’ Beliau bersabda, ‘Dan juga dua anak perempuan.” (H.R Bukhori)

Kenapa ada surga bagi orang tua yang mempunyai 2 atau 3 anak perempuan? Karena di sana ada sebuah tugas yang mulia bagi orang tua menuju surga. Para orang tua memiliki kewajiban dalam mengasuh, menafkahi, dan mendidik anak-anak perempuannya hingga mereka dinikahkan dengan seorang lelaki soleh, dan seterusnya hingga keturunannya menjadi sebuah keluarga besar yang akan mengisi bumi ini dengan kalimat Laa Ilaha Illallah.

Saya sangat khawatir jika para muslimah rusak secara moral lebih dominan, ini menandakan peradaban Islam semakin sekarat. Apalagi Ghazul Fikri (perang pemikiran) era digital ini lebih dahsyat dari sebelumnya. Tidak aneh jika Rosulullah bersabda bahwa mengasuh, menafkahi dan mengasihi 2-3 anak perempuan wajib baginya surga.

Karena memang posisi perempuan dalam Islam sangat penting sekali bagi berlangsungnya sebuah peradaban.
Maka tidak heran, Muhammad Quthb menyatakan, “Seorang anak yang rusak masih bisa menjadi baik asal ia pernah mendapatkan pengasuhan seorang ibu yang baik. Sebaliknya, seorang ibu yang rusak akhlaknya, hanya akan melahirkan generasi yang rusak pula akhlaknya. Itulah mengapa yang dihancurkan pertama kali oleh Yahudi adalah wanita.”

Ingin mempunyai keturunan yang soleh dan solehah, yang pertama kali pilihlah istri solehahah. Sebelum menjadi istri solehah bagi suaminya, asuh dan didiklah anak-anak perempuan itu menjadi anak solehah. Bagaimana jika sebaliknya, apa yang akan terjadi? Saya tidak bisa membayangkannya terlalu panjang. Melahirkan dan menumbuhkan, lalu merawat anak perempuan menjadi perhiasan dunia yang paling indah (menjadi wanita solehah) itu tugas utama bagi orang tua.

Berbahagialah bagi orang tua yang memiliki 2-3 anak perempuan, lalu bersabar dalam mengasuh dan mendidiknya. Insya Allah dengan mendidik mereka, tidak hanya surga yang akan didapatkan, tetapi sedang mempersiapkan peradaban Islam berdiri tegak kembali di muka bumi ini. Peradaban Islam lahir, tidak terlepas dari peran perempuan yang sholehah. []

 

loading...
loading...