Jintan Hitam, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

0

JINTAN hitam adalah sejenis biji-bijian yang berwarna hitam, bentuknya seperti wijen. Biasanya jintan hitam digunakan unutk bumbu penyedap makanan. Selain sebagai bumbu masakan jintan juga memilki banyak manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Rasulullah SAW, bersabda: “Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam ini, karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala penyakit, kecuali As-Sam,” (H.R. Bukhari)

Dalam hadis di atas As-Sam atau Al-Maut yang memiliki arti kematian. Sebagaimana yang telah diberitahukan oleh Ash-Shodiqul, bahwa Rasululluah SAW dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kecuali kematian atas izin Allah SWT. Ini karena kematian bukanlah penyakit, melainkan perjalanan akhir semua makhluk hidup, agar kelak dibangkitkan pada hari kiamat.

Jintan hitam banyak mengandung manfaat yang berguna bagi tubuh. Berikut ini, kandungan yeng terdapat dalam jintan hitam. Jintan hitam mengandung zat-zat aktif, seperti fosfat, besi, fosfor, karbohidrat, dan antibiotika. Zat antibiotika yang berguna untuk membasmi virus, kuman, dan bakeri.

Mari kita lihat sebagian penyakit yang dengan kekuasaan Allah SWT bisa disembuhkan dengan jintan hitam ini, sebagai berikut:

Pertama, jintan hitam dapat menyembuhkan rambut rontok. Biasanya rambut rontok banyak dikeluhkan kaum wanita tetapi tak menutup kemungkinan untuk kaum laki-laki mengalami rambut rontok. Terus bagaimana caranya? Caranya aduk tepung jintan hitam dalam perasan seledri air, satu sendok cuka kadar rendah, dan secangkir minyak zaitun. Lalu, aduk secara merata. Setelah merata langsung gosokan ke kepala setiap sore. Kemudian cuci dengan air hangat dan sabun. Dan ulangi setiap hari.

Kedua, khasiat jintan hitam juga mampu mengatasi susah tidur. Susah tidur biasanya menyerang banyak orang yang memiliki kesibukan yang sangat luar biasa. Untuk mengatasi susah tidur caranya, satu sendok jintan hitam, campurkan dengan segelas susu panas dengan sedikit madu. Lalu, minum sebelum tidur dan sebut asma Allah.

Ketiga, manfaat jintan hitam mampu menghilangkan jerawat yang menggangu penampilan wajah kita, sehingga kurang enak dipandang. Ambilah bubuk jintan hitam, aduk dengan minyak wijen, dan satu sendok tepung gandum. Oleskan ke seluruh wajah pada sore hari. Pada pagi harinya, basuhnya dengan air hangat dan sabun. Ulangi selama satu minggu. Alangkah baiknya jika dibarengi dengan minum minuman panas yang dicampuri bubuk jintan hitam.

Keempat, kegunaan jintan hitam dapat menyembuhkan kencing manis. Caranya, ambil sekitar satu gelas jintan hitam kemudian tumbuk, satu sendok besar empedu yang dihaluskan, setengah gelas biji selediri, satu gelas delima yang telah dihaluskan, satu gelas biji kubis yang telah dikeringkan dan ditumbuk. Lalu, tambahkan satu sendok kecil asafeidia (damar karet), semuanya diaduk. Konsumsilah ramuan ini satu sendok setiap bangun tidur sebelum mengonsumsi makanan lain.

Kelima, jintan hitam dapat menyembuhkan rematik. Rematik ini tidak hanya dialami oleh lansia saja, pada zaman sekarang banyak anak mudak yang mengalami gejala rematik. Ternyata jitan hitam dapat menyembuhkan rematik. Dengan cara, panaskan minyak jintan hitam. Kututkan pada tempat rematik kuat-kuat, seakan Anda mengurut tulang, bukan kulit. Minum juga minyak jintan hitam yang dipanaskan lalu campur dengan madu, sebelum tidur. Dan lakukan hal it uterus-menerus.

Nah, itu dia sebangian penyakit yang dapat disebuhkan jintan hitam. Akan tetapi kita harus yakin hanyalah Allah SWT yang mampu menyembuhkan segala penyakit dan jangan lupa kita juga harus berusaha untuk menyembuhkan penyakit yang kita alami. Selamat mencoba! Semoga Allah sebuhkan penyakit yang dialami. []

Sumber: Mukjizat Kesembuhan/Abul Fida’ Muhammad ‘Izat ‘Arif/Al-Qowan

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline