islampos
Media islam generasi baru

Jenius, Pemuda Pakistan Ini Ciptakan Robot Pelayan Restoran

Foto: Worldbulletin
0

PAKISTAN—Siapa bilang teknologi robotika hanya dikuasai negara-negara maju saja. Buktinya negara berkembang seperti Pakistan, memiliki sebuah restoran di mana pelayannya bukan manusia melainkan oleh robot!

Mengutip laporan Worldbulletin pada Ahad (9/7/2017), restoran ‘canggih’ ini terletak di sebuah jalan yang sibuk di kota Multan timur laut di provinsi Punjab. Restoran pizza ini adalah yang pertama dari jenisnya di negara Muslim di Asia Selatan ini.

Usama Aziz, 24, putra pemilik restoran, adalah pencetus ide dari cara baru restoran di Pakistan ini. Bahkan Aziz berencana untuk mengembangkannya dalam skala yang lebih besar.

Setelah mendapatkan gelar sarjana teknik elektro dari Universitas Nasional Sains dan Teknologi (NUST) di Islamabad – salah satu universitas ternama di Pakistan – Aziz memutuskan untuk menggunakan keahliannya untuk sesuatu yang berbeda.

“Awalnya, saya telah memutuskan untuk pergi ke luar negeri setelah menyelesaikan studi pada 2015. Namun ayah mendorong saya untuk tetap tinggal di Pakistan,” kata Aziz.

Dia mengatakan bahwa dia mulai memikirkan dengan serius tentang pelayan robot setelah dia menonton sebuah film Cina. Tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan bisnis restoran ayahnya.

Setelah bekerja selama delapan bulan secara intensif, Aziz akhirnya berhasil mengembangkan robot dengan berat 25 kilogram dengan hasil uji berhasil.

“Saya tidak pernah pergi ke luar negeri untuk studi. Ini adalah produk lokal yang dibuat dengan instrumen lokal. Ini baru permulaan, saya berencana untuk membawanya ke skala yang jauh lebih besar. Saya menawarkan keahlian saya ke restoran lain jika mereka juga menginginkan pelayan robot,” ungkap Aziz dengan yakin.

Selain itu, Aziz dan ayahnya juga berencana membuka cabang restoran baru dengan para pelayan robot di kota-kota lain.

Aziz mengaku ia telah menghabiskan biaya sekitar 5.500 USD untuk pengembangan tiga robot yang bekerja sebagai pelayan di restorannya. []

loading...
loading...