islampos
Media islam generasi baru

Islam Karimov jadi Nama Bandara Internasional Uzbekistan

Foto: Uzbekistan Airlines
0

UZBEKISTAN—Bandara internasional Tashkent dikabarkan telah berganti nama menjadi Bandara Islam Karimov, Presiden pertama Uzbekistan. Keputusan penggantian nama ini telah ditandatangani oleh Presiden Uzbekistan, Shavkat Mizieyev.

Menurut laporan Kaztag pada kamis (26/1/2017), atas permintaan berbagai pihak, Islam Karimov kini resmi menjadi nama bandara internasional Uzbekistan. Nama ini diambil sebagai penghormatan kepada Presiden Pertama Republik Uzbekistan Islam Karimov yang telah berjasa dalam kemerdekaan nasional, pembangunan dan kesejahteraan negara

Tak hanya bandara saja, Universitas Teknik Tashkent, pabrik mobil di Asaka, istana Arts di Fergana dan jalan-jalan pusat di Republik Karakalpastan, Tashkent dan sekitarnya kini telah dinamai I. Karimov.

Ulang tahun Presiden Karimov dirayakan setiap tanggal 30 Januari dan 2 September ditetapkan sebagai hari peringatan presiden pertama Uzbekistan.

Selama berkuasa Islam karimov menegaskan tekadnya untuk memerangi setiap gerakan Islam, karena dianggap kelompok perusuh di negaranya. Puluhan ribu Muslim dan Muslimah telah ditahan tanpa diadili, ribuan lainnya disiksa, dan ratusan telah dibunuh di luar pengadilan.

Karimov yang lahir pada 30 Januari 1938, meninggal dunia pada 2 September 2016 pada usia 78 tahun. []

loading...
loading...