Iran Impor 149 Ton Uranium dari Rusia

0

TEHERAN – Iran akan menerima bagian akhir dari pengiriman 149 ton uranium dari Rusia sebagai bagian dari kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia, Worldbulletin melaporkan.

Berdasarkan kesepakatan nuklir yang ditandatangani dengan kekuatan dunia pada bulan Juli 2015 lalu, Iran memiliki hak untuk memperkaya uranium ke tingkat 3,5 persen dan menjualnya ke luar negeri, sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan program nuklir sipil.

Senjata nuklir sendiri membutuhkan uranium yang diperkaya untuk sekitar 80 persen.

Dengan pengiriman terbaru, yang diberi wewenang oleh Amerika Serikat dan lima penandatangan lain untuk kesepakatan itu, Salehi mengatakan Iran telah mengimpor 359 ton uranium terkonsentrasi, juga dikenal sebagai kue kuning, sejak kesepakatan nuklir mulai berlaku pada Januari 2016.

Berdasarkan kesepakatan itu, Iran diperbolehkan untuk menjalankan sekitar 5.000 “IR-1” centrifuge dan menguji model yang lebih canggih yang dapat menghasilkan jumlah lebih besar dari uranium yang diperkaya – semua di bawah pengawasan ketat dari badan atom PBB.

Bulan lalu, para pejabat Iran mengatakan mereka telah berhasil menguji generasi terbaru IR-8 centrifuge, yang memiliki kapasitas 20 kali IR-1, dengan gas uranium.[fq/islampos]