ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Keistimewaan Shalawat Menurut Ibnu Qayyim

0

Advertisements

SHALAWAT dianjurkan untuk diamlakan oleh setiap muslim. Shalawat ini memiliki banyak manfaat dan keistimewaan baik didunia maupun di akhirat. Apa saja keistimewaannya?

Inilah keistimewaan shalawat yang disebutkan oleh Ibnul Qoyim rahimahullah.

1. Shalawat merupakan salah satu sebab terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dunia serta mensucikan hati seorang muslim.

2. Shalawat adalah salah satu sebab ditambahkannya cahaya bagi seorang muslim ketika ia melintasi shirat diatas neraka jahannam yang gelap gulita diakhirat kelak.

3. Shalawat dapat menyebabkan adanya pujian dan sanjungan dari penduduk langit dan bumi terhadap orang yang mengucapkannya.

4. Shalawat adalah penyebab adanya berkah dalam diri orang yang mengucapkannya, juga adanya berkah dalam amal perbuatan dan umurnya. Ini disebabkan,karena orang yang bershalawat untuk Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pada hakikatnya adalah orang yang berdoa kepada Allah subhaanahu wa ta’ala agar Dia memberikan keberkahan dan rahmat kepada beliau dan keluarganya. Doa yang seperti ini adalah doa yang sangat mustajab. Dan balasan Allah untuk orang yang mengucapkannya adalah sesuai dengan apa yang ia telah lakukan.

5. Dengan bershalawat berarti anda telah memperdengarkan kepada para malaikat dan hamba-hamba Allah yang shalih perkataan yang membahagiakan jiwa dan menyenangkan pendengaran mereka, dan barangsiapa yang memasukkan kebahagiaan dan kegembiraan kedalam hati manusia dengan ucapan shalawat untuk Nabi shallallahu’alaihi wasallam, Allah akan memberikan kebahagiaan baginya didunia ataupun diakhirat, karena balasan/ganjaran suatu amalan sesuai dengan jenis amalan perbuatan yang telah dilakukan.

6. Bershalawat dapat menambah keimanan, semakin seorang hamba memperbanyak shalawat maka semangat dan derajatnya semakin terangkat, sebaliknya semakin lisan seorang hamba malas mengucapkan shalawat dan taslim untuk Nabi shallallahu’alaihi wasallam, maka ia akan merasakan adanya kurangnya iman dan kelalaian dalam dirinya,sebab itu hendaknya ia banyak-banyak berzikir mengingat Allah ta’ala dan bershalawat untuk Nabi tercinta shallallahu’alaihi wasallam.

7. Dengan memperbanyak shalawat berarti seorang hamba telah menyiapkan amalan-amalan shalih sebagai bekalnya pada hari dimana saat itu ia akan bahagia dengan apa yang telah ia kerjakan berupa amal kebaikan dan ketaatan/ibadah. Seorang hamba tidaklah memahami hakikat masalah ini kecuali jika ia telah melihat semua amal baiknya terpampang didepan kedua matanya dihari kiamat kelak. Kita memohon kepada Allah Yang Maha Mulia agar menganugerahkan keutamaan tersebut kepada kita semua.

8. Shalawat merupakan salah satu sebab untuk mendapatkan rahmat Allah ta’ala. Siapa saja yang bershalawat memuji Nabi shallallahu’alaihi wasallam didunia niscaya Allah dan para malaikatNya akan memujinya pula, serta akan mendapatkan rahmat dan berkah Allah jalla wa’ala.

9. Ucapan shalawat dan salam untuk Nabi shallallahu’alaihi wasallam merupakan sebab kekalnya dan bertambahnya cinta seorang muslim terhadap Nabinya, karena semakin seseorang sering menyebut-nyebut orang yang ia cintai beserta kebaikan-kebaikannya, akan semakin bertambah pula kecintaan dan kerinduannya terhadapnya, sebaliknya jika ia enggan menyebut-nyebut beliau shallallahu’alaihi wasallam atau hanya sedikit menyebut beliau maka tentu imannya berkurang, namun apabila ia kembali memperbanyak shalawat maka imannya akan kembali bertambah. []

SUMBER: WAHDAH

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline