islampos
Media islam generasi baru

Ini Dia Muslimah Ukraina Pertama yang Hafal 30 Juz Al-Quran

Foto: Aquila Style
0

MENJADI seorang mualaf tujuh belas tahun yang lalu, dan kini menjadi muslimah pertama Ukraina yang mampu menghafal 30 Juz Al-Qur’an, Vera Verinak akhirnya berhasil mengatasi hambatan bahasa dan kendala waktu mempelajari Al-Quran.

“Saya mulai dengan belajar bahasa Arab, lalu menulis ayat-ayat Al-Qur’an dan menerjemahkannya, hingga akhirnya saya mampu memahami dan menghafal Al-Qur’an,” tutur Vera Verinak kepada Aljazeera Selasa, (24/3/2015).

Vera (35) mengatakan awalnya dia tidak berharap untuk berhasil menghafal seluruh isi Al-Qur’an, terutama setelah mempertimbangkan hambatan bahasa dan kurangnya waktu.

“Setelah mempelajari bahasa Arab, pusat kebudayaan Islam di Kiev memberikan kesempatan membantu saya menghafal Al-Qur’an. Alhamdulillah saya dapat menghafalnya dalam waktu sembilan bulan,” katanya.

Mencapai mimpinya menghafal Al-Qur’an, Vera mengatakan dia tertarik untuk mengajar Al-Qur’an kepada Muslim lainnya dan menyebarkan Islam di kalangan non-Muslim.

Vera juga telah membuat ibu dan empat saudara menjadi muallaf, dan membantu kaum muda mencari pengetahuan tentang agama yang paling cepat perkembangannya ini.

Seorang gadis bernama Jana, mengatakan ia mengambil keputusan untuk memeluk Islam lantaran bertemu dengan Vera yang meyakinkannya bahwa “Islam adalah keyakinan dan jalan hidup yang lurus.”

Pada 2012, diperkirakan 500.000 Muslim tinggal di Ukraina dan sekitar 300.000 di antaranya dari Tatar Krimea. Hari ini Islam adalah agama minoritas terbesar di Ukraina setelah berbagai bentuk kekristenan. []

loading...
loading...