TANYA:
Saudara-saudara yang terkasih dalam Islam, Assalamualaikum. Saya ingin tahu mengapa Madinah dipilih menjadi tempat Hijrah. Kenapa tidak ada tempat lain? (Muslim)
Jawab:
Sayed Abul A`la Al-Maududi menjelaskan beberapa alasan mengapa Madinah dipilih sebagai pusat dakwah pada masa-masa awal.
Para tetua Mekah menyusun rencana untuk membunuh Nabi (damai dan berkah besertanya) untuk menghentikan gerakan Islam sejak awal. Ketika konspirasi itu mencapai kondisi paling menyedihkan bagi umat Islam masa itu, Allah SWT memerintahkan Utusan-Nya untuk meninggalkan Mekah dan hijrah ke Madinah.
BACA JUGA: Perjuangan Hijrah Abu Bakar ke Madinah
Madinah, sebuah kota sekitar 450 kilometer dari Mekah, tumbuh sebagai pusat Islam. Sejumlah orang sudah masuk Islam. Ajaran Islam berkembang dengan banyak pengikut baru setiap harinya. Para pemimpin dua suku utama Madinah telah menerima Islam dan siap untuk mengorbankan hidup dan harta benda mereka demi Islam. Pada titik ini, Nabi mulai berencana untuk pindah ke Madinah.
Dikutip dengan sedikit modifikasi dari islam101, untuk memiliki pandangan yang jelas tentang alasan memilih Madinah sebagai pusat negara Muslim yang baru lahir, ada sebuah kutipan sebagai berikut:
“Yathrib telah dipilih oleh Allah untuk melindungi Nabi SAW setelah hijrah dan untuk menghasilkan tidak hanya Masyarakat Islam pertama tetapi juga untuk melayani sebagai titik fokus untuk panggilan universal Islam.
Kehormatan besar yang diberikan kepada kota itu membuatnya perlu untuk mengetahui fitur-fiturnya yang khas. Seperti kondisi fisik, sosial dan budayanya, suku-suku Arab yang tinggal di sana dan hubungan timbal balik mereka, manipulasi ekonomi dan politik orang-orang Yahudi dan semangat perjuangan mereka serta cara hidup yang dipertahankan oleh tanahnya yang subur.
Berbagai agama, budaya, dan komunitas berkembang pesat di kota ini, bertentangan dengan Mekah, yang didominasi oleh satu agama dan satu pola budaya.”
Rincian berikut yang diberikan di sini menggambarkan keadaan di Madinah ketika Nabi SAW memulai debutnya di kota itu.
Yahudi
Tiga suku Yahudi, Bani Qaynuqa`, Bani an-Nadir dan Bani Qurayzhah, menetap di Madinah. Jumlah orang dewasa yang berasal dari suku-suku ini lebih dari dua ribu. Banu Qaynuqa` diperkirakan memiliki tujuh ratus kombatan, Banu an-Nadir juga memiliki jumlah yang hampir sama, sedangkan orang dewasa Banu Qurayzhah tercatat antara tujuh dan sembilan ratus.
Suku-suku ini tidak dalam kondisi yang baik dan sangat sering terjebak dalam konfrontasi satu sama lain. Al-Qur’an membuat referensi ke perselisihan timbal balik antara orang-orang Yahudi: “Dan ketika Kami membuat dengan Anda perjanjian (mengatakan): Janganlah menumpahkan darah bangsamu atau mengubah (pesta) bangsamu dari tempat tinggal Anda. Kemudian kamu meratifikasi (perjanjian kami) dan kamu adalah saksi (untuk itu). Namun Andalah yang membunuh satu sama lain dan mengusir rombongan orang-orang Anda dari rumah mereka, saling mendukung melawan mereka melalui dosa dan pelanggaran – dan jika mereka mendatangi Anda sebagai tawanan, Anda akan menebus mereka, sedangkan pengusiran mereka sendiri melanggar hukum bagi Anda.” (QS Al-Baqarah: 84-85)
Hubungan keuangan orang-orang Yahudi Madinan dengan suku-suku lain terutama terbatas pada meminjamkan uang dengan bunga atau pada keamanan atau penyitaan properti pribadi setelah kegagalan pembayaran.
Di daerah pertanian seperti Madinah, ada banyak ruang untuk bisnis peminjaman uang karena petani sering kali membutuhkan modal untuk keperluan budidaya. (Dr. Muhammad Sayyid Tantawi, Banu Israel Fil-Qur’an was-Sunnah, hlm. 80-81)
Sistem meminjamkan uang tidak hanya terbatas pada menjaminkan harta pribadi sebagai jaminan pembayaran kembali pinjaman, karena pemberi pinjaman seringkali memaksa para peminjam untuk menjaminkan bahkan perempuan dan anak-anak mereka.
Konsentrasi modal di tangan orang-orang Yahudi telah memberi mereka kekuatan untuk melakukan tekanan ekonomi pada ekonomi sosial kota. Pasar saham berada di tangan mereka. Mereka mencurangi pasar melalui penimbunan, sehingga menciptakan kekurangan buatan dan menyebabkan naik turunnya harga. Sebagian besar orang di Madinah membenci orang-orang Yahudi karena malpraktek riba dan pencatutan seperti itu, yang bertentangan dengan substansi orang Arab pada umumnya. (Banu Israel Fil-Qur’an was-Sunnah, hal. 79)
Orang-orang Yahudi tidak didorong oleh apa-apa selain keangkuhan dan keegoisan mereka dalam transaksi sosial mereka dengan suku-suku Arab, Aus dan Khazraj. Pada beberapa kesempatan di masa lalu, mereka telah berhasil mengadu satu suku dengan yang lain, meninggalkan kedua suku tersebut hingga hancur secara ekonomi pada akhirnya. Satu-satunya tujuan yang ditetapkan orang Yahudi di hadapan mereka adalah bagaimana mempertahankan kekuasaan ekonomi mereka atas Madinah.
Selama berabad-abad, orang-orang Yahudi telah menunggu seorang penebus. Kepercayaan orang-orang Yahudi tentang nabi yang akan datang, yang biasa mereka gunakan untuk berbicara dengan orang-orang Arab, telah mempersiapkan orang Aus dan Khazraj untuk menyerahkan iman mereka kepada Nabi etersebut. (Banu Israel Fil-Qur’an was-Sunnah, hlm. 73-101)
BACA JUGA: Kenangan Kota Madinah
Dalam semua perbedaan komunal ini, adalah perlu untuk menempatkan komunitas Muslim yang sedang tumbuh ini untuk memberikan Muslim kesempatan yang baik untuk interaksi yang lebih baik dan pelatihan yang cukup yang akan membantu mereka dalam beberapa hari mendatang. Madinah memiliki banyak fitur unik yang membuatnya menjadi penerima kehormatan itu. Sangat penting bagi umat Islam untuk menerima pelatihan dan membangun negara mereka di antara semua komunitas ini dan berbagai tingkat pemikiran.
Berurusan dengan orang-orang Yahudi mengajarkan orang-orang Muslim cara berdebat dengan Ahli Kitab dengan kata-kata yang baik dan bagaimana mengetahui konspirasi jahat dan licik yang dibuat untuk mereka di belakang mereka. Sangat penting bagi komunitas Muslim yang sedang tumbuh untuk dilatih tentang cara memerangi musuh-musuh yang berlindung di benteng mereka, suatu hal, yang dipraktikkan oleh orang Yahudi.
Juga penting bagi Dakwah Islam, pada usia yang sangat dini ini, untuk menghadapi orang-orang munafik yang tampaknya menyatakan bahwa mereka percaya pada Islam tetapi, sementara itu, membantu musuh-musuhnya. Semua ini tidak lebih dari beberapa aspek kebijaksanaan Ilahi di balik memilih Madinah menjadi tempat di mana negara Muslim pertama didirikan. []