islampos
Media islam generasi baru

Dua Faktor Ini Jadi Penentu Kemenag Tetapkan Awal Ramadan 1438 H

Foto: Times Indonesia
0

JAKARTA–Merujuk pada hasil Sidang Isbat, Kementerian Agama memutuskan satu Ramadan 1438 Hijriah dimulai pada Sabtu (27/5/2017) besok. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan penetapan itu yang didasarkan pada dua faktor.

“Berdasarkan dua hal, yakni perhitungan hisab dan rukyat hilal. Seluruh perserta sidang, malam ini kita memasuki satu Ramadan dan besok pagi, 27 Mei 2017 kita awali puasa di bulan Ramadan tahun ini,” kata Lukman dalam keterangan pers usai sidang isbat di kantor Kementerian Agama Jakarta, Jumat (26/5/2017) malam.

Menteri Agama menerangkan bahwa laporan yang diperoleh dari petugas pemantau hilal di 77 titik di Indonesia. Hanya empat titik saja yang melihat hilal, yakni Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kepulauan Seribu, dan Jawa Timur.

“Berdasarkan laporan di atas sumpah, mereka semua berhasil melihat hilal. Posisi hilal berada pada 8,73 derajat, berumur 14 jam 57 menit 32 detik” ujar Menag.

Lukman juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat Muslim di Indonesia. Atas nama pemerintah, ia berharap mudah-mudahan mampu menjaga kesucian bulan Ramadan.

“Bulan dinanti kita semua, bulan penuh istimewa dan mudah mudahan kita menjalani bulan ramadan dan kita kembali ke jati diri kemanusiaan, kita kembali pada kesucian kita,” harapnya. []

Sumber: Tribun Lampung

loading...
loading...