islampos
Media islam generasi baru

Dianggap Ganggu Stabilitas, Qatar Dicoret dari Aliansi Teluk

Foto: BBC
0

QATAR—Empat negara tetangga Qatar memilih untuk memutus hubungan diplomatik dengan salah satu negara terkaya di dunia ini. Keempat negara tersebut yakni Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Mereka memutuskan hubungan diplomatik karena menuduh Qatar telah mendukung kelompok yang dianggap Barat sebagai ‘teroris,’ salah satunya adalah Ikhwanul Muslimin dan mengguncang stabilitas di kawasan teluk.

Kantor berita Saudi mengatakan bahwa negeri itu telah menutup perbatasan dan memutuskan segala bentuk kontak melalui darat, laut dan udara dengan Qatar.

Mesir juga sudah menutup wilayah udaranya bagi seluruh transportasi Qatar, kata kementerian luar negeri.

Uni Emirat Arab (UEA) memberikan waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk meninggalkan negeri itu. Pemerintah UEA menuding Doha telah “Mendukung, membiayai, membantu terorisme, ekstremisme, dan organisasi-organisasi sektarian,” kata kantor berita WAM.

Sementara kantor berita Bahrain menyebut, negeri itu memutus hubungan dengan Qatar yang mereka tuding “Mengguncang keamanan dan stabilitas Bahrain dan campur tangan dalam urusan dalam negeri Bahrain.”

Koalisi Teluk yang dipimpin Saudi untuk memerangi para pemberontak Houthi di Yaman juga mencoret Qatar dari aliansi tersebut. []

loading...
loading...