islampos
Media islam generasi baru

Dedikasi Tinggi Ahli Bedah Tertua di Meja Operasi

foto: TASS
0

USIA ternyata tak menghalangi seseorang untuk berprofesi sebabagi seorang dokter bedah. Di Rusia, ada seorang ahli bedah yang dianggap paling tua di dunia.

Dia adalah Alla Illyinichna Levushkina, dokter berusia 89 tahun asal Kota Ryazan, Rusia. Sampai detik ini Alla masih berkutat dengan kegiatan operasi. Sulit dipercaya, tapi faktanya dia masih sanggup melakukan bedah organ setidaknya empat kali dalam sehari.

Setiap hari pada pukul 8 pagi, Alla sudah terlihat di rumah sakit, bersiap menjalani aktivitasnya sebagai dokter spesialis proktologi. Tiga jam kemudian, barulah dia memulai aksinya membedah tubuh pasien dengan bantuan beberapa orang asisten.

Seperti diketahui, proktologi adalah sebuah bidang dalam dunia kedokteran yang khusus menangani gangguan pada usus dan masalah organ pembuangan.

Usut demi usut, sebenarnya Alla tidak pernah bercita-cita menjadi dokter spesialis bedah lho. Kok bisa?

Dilansir Kommersant, pada mulanya Alla ingin memiliki profesi dalam bidang geologi. Namun sebuah kisah novel mengubah jalan hidupnya. Dr. Alla kemudian terinspirasi untuk menjadi dokter dan menempuh sekolah kedokteran.

Pada waktu itu, tidak banyak dokter spesialis proktologi di Rusia. Peluang itu dimanfaatkannya dengan baik. Keterbatasan finansial juga tidak menghalanginya dalam menyelesaikan kuliah di Medical Institute Moscow.

Wah, meski sudah dimakan usia namun dedikasi beliau sebagai seorang dokter bedah patut ditiru nih. Intinya, profesi apapun yang kita lakukan saat ini, maka kita harus melakukannya dengan keikhlasan dan penuh dedikasi yang tinggi. Ehm.. []

loading...
loading...