ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Buah Manfaat dari Ujian

Foto: State Symbols USA
0

UJIAN adalah pemberian Allah bagi setiap muslim diseluruh umat Islam. Ujian itu sendiri memiliki manfaat yang akan dipetik setiap muslim setelah panjangnya jalan yang ia tempuh. Manfaat-manfaat itu antaranya sebagai berikut:

1. Menyucikan barisan umat Islam dari golongan manusia yang memiliki penyakit hati. Sebab, hakikatnya kaum muslimin tidak mengetahui apa yang ada di dalam jiwa. Tidak pula memahami pergerakan batin dalam hati. Nelalui ujian, maka jelaslah orang-orang yang bersabar dari golongan orang-orang yang sakit di dalam hatinya.

2. Sebagai pendidikan bagi kaum muslim untuk menggali ptensi mereka. Sebagai proses mendewasakan dan mematangkan kepribadian, layaknya makanan yang telah matang, sebagaimana bahan tambang yang telah dibersihkan dari segala noda dengan api. Dengan ujian ini orang-orang muslim dibersihkan, sedangkan orang-orang kafirdisisihkan

Meninggikan kedudukan dan derajat mereka di hadapan Allah. Ujian dari Allah akan mengangkat derajat mereka dan menghapus kesalahan-kesalahan mereka.

3. Dengan ujian yang Allah berikan kepada seseorang atau sebagian dari hamba-hamba-Nya, maka Dia telah mengutamakannya dari hamba-hamba-Nya yang bersikap jujur dan selalu berusaha. Allah menjadikan mereka syahid. Nama dan usaha mereka pun kekal abadi terpatri di dunia, serta Allah mengangkat derajat mereka di akhirat kelak.

4. Tidakkah kita perhatikan? Sesungguhnya ujian adalah pemberian Allah SWT. Dengan ujian itu, Allah menyempurnakan nikmat-Nya bagi semua umat. Dan hanya kepada Allah kita memohon ampun. []

Sumber: Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah/Ahmad Abduh ‘Iwadh/Salamadani

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...