ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Berapakah Sebenarnya Jumlah Raka’at Shalat Witir?

0

Advertisements

DARI Nabi SAW, beliau bersabda, “Shalat witir itu berjumlah tiga belas raka’at, sebelas raka’at, Sembilan raka’at, tujuh raka’at, tiga raka’at atau satu raka’at.” (HR. Tirmidzi)

Sedangkan ishaq bin Ibrahim berpendapat, “Tiga belas raka’at yang dikerjakan oleh Rasulullah seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits, adalah shalat malam yang sudah termasuk di dalamnya shalat witir.”

Sementara dari Aisyah r.a., ia menceritakan,

“Rasulullah mengerjakan shalat pada malam hari sebanyak tiga belas raka’at, dengan lima raka’at witir. Beliau tidak duduk, melainkan pada akhir raka’at.” (Muttafaqun Alaih)

Diperbolehkan bagi umat muslim untuk mengerjakan shalat witir dua raka’at- dua raka’at, atau mengucapkan salam pada setiap dua raka’at. Kemudian beliau melaksanakan satu raka’at dengan satu tasyahud dan satu salam.

Diperbolehkan juga untuk mengerjakan ketiga belas raka’at tersebut dengan dua kali tasyahud dan satu salam. Yaitu, dengan mengerjakan keseluruhan dari raka’at secara berturut-turut, tanpa tasyahud kecuali pada raka’at ke duabelas dan tigabelas (terakhir), sebagaimana dalam pelaksaan shalat magrib. Di samping itu juga diperbolehkan untuk mengerjakan shalat witir satu kali tasyahud dan satu kali salam, yaitu pada raka’at yang terakhir. []

Sumber: Fiqih Wanita Edisi Lengkap/Karya: Syaikh Kamil Muhammad uwaidah/Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline