ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Begini Pemakaman Muslim di Jerman

0

SALAH satu negara di Eropa yang memiliki populasi Muslim cukup tinggi adalah Jerman. Semakin banyaknya jumlah migran dari Turki dan negara Muslim lainnya, tak salah jika Islam kini menjadi agama mayoritas kedua di negara “Panser” ini.

 

Salah satu permasalahan yang terjadi bagi Muslim di jerman adalah semakin sempitnya lahan untuk membuka pemakaman khusus bagi warga Muslim. Namun, dengan semakin kompak dan bersatunya Muslim di Jerman, rencananya mereka akan membangun lokasi pemakaman Muslim di berbagai kota di Jerman.

 

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka pada tahun 2015- 2016, sebuah pemakaman Muslim terbesar pertama yang dikelola yayasan-yayasan Islam di Jerman akan didirikan di Wuppertal.

 

Di Wuppertal ada sekitar 340 ribu warga Muslim. Banyak warga Muslim di sini yang ingin memakamkan keluarganya yang meninggal dengan tata cara Islam.

 

Di pemakamanan umum, lahan makam disewakan untuk jangka waktu 25 tahun. Namun jika pemakaman itu menjadi milik umat Islam, maka bisa digunakan untuk seterusnya. Maka dari itu, warga Muslim di Wuppertal ingin membeli lahan pemakaman sendiri.

 

Satu hal yang menarik tempat peristirahatan terakhir kedil ini, tidak hanya terletak di dekat kuburan orang-orang Kristen, tetapi juga di dekat dengan pekuburan Yahudi.

 

Di kota-kota lain di Jerman juga terdapat pekuburan Islam. Di pemakaman Friedhof am Hallo di Essen, terdapat pemakaman bagi umat Muslim, sejak tahun 1972. Sudah seribuan warga Muslim dimakamkan di sini. Makam pendatang Turki berdampingan dengan makam warga keturunan Bosnia. []

 

Sumber: dw

loading...
loading...