Baru Dilantik Jadi Presiden, Trump Pecat 20 Dubes Warisan Obama

0 141

WASHINGTON – Tak lama setelah Donald Trump disumpah menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45, semua duta besar warisan Obama dipecat dan tanpa duta duta besar pengganti.

Trump bahkan menuntut seluruh dubes AS di seluruh dunia yang telah ditunjuk oleh mantan Presiden Barack Obama untuk meninggalkan jabatan mereka pada tengah hari 20 Januari dan tanpa masa tenggang waktu, Independent melaporkan.

Trump juga tidak memberikan waktu cukup panjang bagi semua dubes untuk sekadar berkemas, walaupun di antara mereka ada yang memiliki anak kecil.

Tim transisinya sebelumnya telah mengatakan pada 23 Desember lalu bahwa tidak ada pengecualian bagi para duta besar meminta untuk memperpanjang kedudukan mereka melewati hari peresmian presiden.

Langkah ini sebenarnya merupakan kebijakan umum di mana para duta politik yang ditunjuk presiden sebelumnya harus mengundurkan diri pada awal pemerintahan baru. Hal ini menjadi kurang umum karena Trump tidak segera mencari pengganti para duta besar tersebut.

Tindakan Trump juga meninggalkan masalah yang cukup besar di berbagai kedutaan AS. Pasalnya penunjukkan dubes memakan proses yang tidak sebentar. Perlu persetujuan Kongres untuk memilih dan mengangkat seorang dubes di AS.[fq/islampos]

loading...
loading...