islampos
Media islam generasi baru

Bagaimana Presenter MTV Ini Menemukan Islam?

Foto: About Islam
0

 

 

KRISTIANE Backer lahir dan dibesarkan di Hamburg, Jerman. Pada usia 21, ia bergabung dengan Radio Hamburg sebagai jurnalis radio. Dua tahun kemudian, ia terpilih di antara ribuan pelamar sebagai presenter baru MTV Eropa. Konsekuensinya, ia harus pindah ke London.

“Itu luar biasa. Saya masih berusia dua puluhan, tinggal di Notting Hill, saya adalah gadis baru di kota dan saya diundang di mana-mana, difoto oleh paparazi, bertemu banyak orang-orang terkenal—dari Robbie Williams sampai Lenny Kravitz,” tuturnya, seperti dikutip Marokko.

“Saya menghabiskan sebagian besar gaji saya untuk belanja pakaian. Saya harus melakukan perjalanan di seluruh Eropa, selalu tempat terbaik; Barcelona, Istanbul, Paris. Satu kali saya bahkan pergi ke Boston untuk mewawancarai Rolling Stones, dan aku jalan-jalan dengan Pangeran selama seminggu.

“Saya adalah wanita nomor satu di MTV. Saya mempresentasikan laporan Coca-Cola dan acara musik Top 20 Eropa, saya mewawancarai band-band terkenal dan jutaan orang mengenal saya di seluruh Eropa. Di setiap konser rock, saya selalu berdiri di atas panggung di depan 70.000 orang. ”

Selama tujuh tahun, Backer adalah presenter MTV di berbagai acaranya. Tetapi meskipun hidup glamor di dunia showbiz, ia memiliki kerinduan spiritual. “Saya selalu tertarik pada dunia spiritual, tapi saya sama sekali melakukan apa-apa tentang hal itu.”

“Saya merasa bahwa apa yang saya lakukan adalah sia-sia. Tidak memberikan kontribusi besar apapun bagi masyarakat. Saya berada di puncak karir saya, tapi itu menghancurkan jiwa, saya tidak bisa melakukannya lagi.”

Pada tahun 1992,  entah “kebetulan atau takdir”,  ia bertemu dengan Imran Khan, kapten tim kriket Pakistan. Itu adalah pertama kalinya ia bertemu dengan seorang Muslim. Backer dan Khan, berdiskusi tentang Islam. Khan memberinya beberapa buku tentang Islam dan dia mulai mempelajari Islam. “Saya mulai menentang prasangka saya dan melihat di balik berita utama saya membaca Al-Quran dan semuanya mulai masuk akal.”

Saat ia mempelajari Islam, ia melihat beberapa masalah dengan hati-hati, seperti isu perempuan dalam Islam “Sebagai seorang Barat modern dengan karier, tentu saja saya harus melihat bagaimana Islam memandang terhadap wanita—saya tidak bisa ditindas . Ternyata, dalam Islam, perempuan memiliki hak untuk memilih pada tahun 600. Pria berpakaian sederhana, wanita berpakaian sopan, tidak harus main mata dengan mata, melainkan mereka harus menurunkan pandangan mereka. Saya pikir, tidak sehat untuk memamerkan seksualitas Anda, itu menarik kembali energi yang salah.”

“Saya berhenti memakai rok mini dan mulai mengenakan pakaian panjang lagi di TV. Saya terkejut melihat betapa sedikitnya wanita yang memakai pakaian seperti itu yang bisa masuk ke berita utama dan di halaman depan; itu benar-benar merendahkan!”

Akhirnya, ia menerima Islam. Dia sekarang sholat lima kali sehari dan puasa selama bulan Ramadhan. “Saya dulu minum sampanye di pesta-pesta setiap malam, tapi sekarang saya tidak menyentuh alkohol.”

Pada tahun 2001, ia pergi ke Mekah. “Itu hal yang indah, saya datang dan pergi dengan perasaan bahagia dan damai.”

Backer kemudian menyadari bahwa dunia hiburan bukan tujuan hidupnya. Dia pergi ke Westminster University dan belajar ilmu kedokteran alam termasuk jamu, aromaterapi, gong qui, pengobatan Cina, sari bunga, dan homeopati. “Studi ini membuka dunia lain yang menarik bagi saya, cara holistik melihat manusia dan alam, kesehatan dan penyakit.”

Dia sekarang memiliki klinik homeopati sendiri di Jerman. Dia juga terlibat dengan sebuah proyek untuk mengembangkan berbagai kosmetik alami dan suplemen makanan menggunakan zat penyembuhan tradisional dan minyak eksotis yang ditemukan di negara-negara Arab. Dia juga belajar di Birkbeck University pada Studi Agama termasuk seni Islam, kedokteran Islam, dan isu-isu sosial dan politik dalam Islam. []

loading...
loading...