ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Amalan yang Disyariatkan Ditunaikan pada Hari Jum’at

0

JUM’AT itu istimewa, mengiringi berjalannya hari yang istimewa ini maka alangkah baiknya jika kita mengisinya dengan amal-amal yang telah disyariatkan. Apa saja itu?

Pertama, menggemakan shalawat kepada nabi.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

Kedua, membaca surat Al Kahfi.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Ketiga, memperbanyak do’a (HR Abu Daud).

Keempat, menunaikan amalan-amalan shalat jum’at (untuk laki-laki).

Berikut diantaranya: Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian. Bersegera menuju tempat shalat jum’at. Diam mendengarkan khatib berkhutbah. Memakai pakaian yang terbaik. Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar. Wallahu a’lam. []

Sumber: Muslimah.

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...