Amalan-amalan Penghapus Dosa

Foto: Wonderopolis
0

 

SETIAP insan tentu tidak akan pernah luput dari khilaf dan dosa. Sebab hal itu sudah menjadi ketentuan Allah. Hanya, mampukah kita menghapus dosa-dosa itu? Itu tergantung dari kita menyikapi dosa.

Jika kita hanya membiarkan dan terus menambah dosa, tentu Allah pun akan memberikan hukuman yang setimpal atas dosa yang diperbuat. Sebaliknya, jika kita mampu meminimalisir dosa, maka insya Allah ganjaran yang berlipat akan kita rasakan. Tapi, bagaimana caranya menghapus dosa?

Allah memerintahkan kita untuk berbuat kebaikan karena ia dapat menghapus keburukan. Ada beberapa amalan yang dapat menghapus dosa dan kesalahan sebagaimana istighfar. Di antaranya:

1. Iman kepada Allah dan semua amal shaleh

Iman kepada Allah dan semua amal shaleh dapat mendatangkan ampunan Allah dan menghapus dosa. Allah berfirman, “Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shaleh (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar,” (QS. Al-Maidah: 9).

Allah juga berfirman, “Maka orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia,” (QS. Al-Hajj: 50).

2. Shalat

Shalat dapat menghapus dosa dan keburukan sebagaimana istighfar. Rasulullah pernah bersabda, “Bagaimana menurut kalian, apabila di depan pintu rumah seorang di antara kalian ada sebuah sungai yang setiap harinya dia mandi lima kali di dalamnya, apakah ada kotoran yang tersisa darinya?”

Para sahabat serentak menjawab, “Tidak ada sedikit pun kotoran yang tersisa.”

Beliau bersabda, “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu yang dengannya Allah menghapus kesalahan,” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

3. Wudhu

Wudhu juga berfungsi menghapus dosa dan kesalahan. Nabi pernah bersabda, “Apabila seorang Muslim atau mukmin berwudhu lalu membasuh wajahnya maka keluarlah dari wajahnya setiap dosa akibat pandangan matanya bersamaan dengan air (atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir). Apabila dia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya setiap dosa yang telah dilakukan oleh kedua tangannya itu bersamaaan dengan air (atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir). Apabila dia membasuh kedua kakunya maka keluarlah setiap dosa yang telah dijalani oleh kakinya bersamaan dengan air (atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir), sehingga dia keluar dalam keadaan bersih dari dosa,” (HR. Muslim).

4. Memperbanyak sujud

Sujud juga termasuk perbuatan yang dapat menghapus dosa dan salah. Nabi bersabda, “Perbanyaklah sujud kepada Allah, karena sesungguhnya tidaklah engkau bersujud satu sujud pun melainkan Allah akan mengangkat derajatmu dan menghapus kesalahanmu,” (HR. Muslim).

Selain contoh di atas, masih banyak perbuatan yang berfungsi menghapus kesalahan dan dosa, seperti dzikir sesudah shalat, puasa Ramadhan, haji dan umrah, sedekah, puasa hari Asyro dan Arafah dan sebagainya. Maka, sudah sepatutnya bagi kita pandai-pandai memilah dan memilih amalan yang berbobot dan berfungsi menghapus kesalahan dan dosa kita. []

Sumber: 40 Pesan Nabi Untuk Setiap Muslim/Karya: Fahrur Mu’is, M. Ag dan Muhammad Suhadi, Lc/Penerbit: Taqiya Publishing

loading...
loading...