Inilah Masjid Megah di Negara-Negara NonMuslim

0

MASJID merupakan rumah ibadah bagi umat Islam. Hampir di seluruh penjuru dunia berdiri masjid-masjid megah yang bukan hanya menjadi tempat untuk mendirikan shalat, tapi juga jadi ikon atau landmark kota tempatnya berada. Tak terkecuali di negara nonmuslim di berbagai belahan dunia.

BACA JUGA: 5 Klub Sepakbola Dunia yang Miliki Masjid Megah di Stadionnya

Mau tahu, kemegahan masjid terkenal di berbagai negara yang berpenduduk mayoritas nonmuslim di dunia? Berikut ini ulasannya.

01 of 6 Masjid Sehitlik di Jerman

Masjid Sehitlik di Jerman
Foto: Fakti

Di daerah Tempelhof, Berlin terdapat sebuah masjid yang merefleksikan keagungan arsitektur Islam di Jerman. Sebuah masjid Turki bergaya arsitektur Usmaniyah klasik Masjid Sehitlik memiliki kubah besar yang menjadi ciri khasnya.

Masjid Sehitlik dibangun di area seluas 1.360 meter persegi yang terdiri dari lantai dasar untuk salat jamaah perempuan. lantai satu untuk ruang salat utama, basement digunakan untuk ruang makan jamaah, dan lantai dua digunakan untuk ruang salah tambahan.

Nama asli dari Masjid Sehitlik ini adalah Berlin Turk Sehitlik Camii yang dibangun pada 1983. Sehit sendiri memiliki arti syahid, pengambilan nama ini dimaksudkan untuk mengenang tentara Turki yang gugur dalam Perang Dunia I dan dimakamkan juga di area tersebut.

02 of 6 Camii Mosque di Jepang

Camii Mosque di Jepang
Foto: Japan Stock Photos

Jepang adalah negara yang mayoritas penduduknya memeluk kepercayaan Shinto. Namun, di tengah kota Tokyo terdapat sebuah masjid megah yang berdiri tegak. Seperti masjid-masjid di negara non muslim kebanyakan, masjid ini memiliki arsitektur gaya Turki. Masjid yang terdiri dari tiga lantai ini pun dipenuhi dengan ukiran kaligrafi di dindingnya.

Masjid tersebut dikenal dengan nama Camii Mosque. Lokasinya berada di dekat stasiun kereta Yoyogi Uehara. Karena masjid ini hanya satu-satunya yang ada di kota itu maka jamaah yang datang untuk beribadah berasal dari berbagai negara yang sedang berkunjung ke sana.

03 of 6 Masjid Kul Sharif di Rusia

Masjid Kul Sharif di Rusia
Foto: islam.ru

Bangunan masjid yang ada di Rusia ini memiliki arsitektur yang tak kalah cantik dengan bangunan-bangunan lain yang ada di negara tersebut. Meski Rusia bukanlah negara Islam namun nyatanya negara tersebut memiliki masjid yang megah di Kazan dan menjadikannya masjid terbesar di Rusia.

Arsitektur bangunan masjid ini didesain oleh para arsitek Rusia, I. Sayfullin dan S. Shakurov sementara bagian interiornya dirancang oleh A. Sattarov. Warna putih dan gradasi warna biru mendominasi seluruh bangunan sehingga membuat siapa saja yang beribadah di dalamnya akan merasa nyaman.

04 of 6 Masjid Islamic Center of America di  Amerika Serikat

Masjid Islamic Center of America di  Amerika Serikat
Foto: middleeasteye

Amerika Serikat juga memiliki masjid yang megah. Masjid ini dibangun di kawasan Islamic Center of America (ICoA). Pembangunannya tidak tanggung-tanggung dengan memanfaatkan lahan seluas 21.000 meter persegi.

Mulai dari luar hingga bagian dalam masjid semuanya terlihat nampak megah. Bagian luar terlihat kubah berwarna kuning dan dua menara tinggi di sampingnya. Bagian dalam masjid dihiasi lampu kristal dan kaligrafi yang indah.

05 of 6 Masjid di Chinese Hui Culture Museum and Park di Tiongkok

Masjid di Chinese Hui Culture Museum and Park di Tiongkok
Foto: Gulf News

Kota Yinchuan di Tiongkok memang menjadi salah satu kota yang penduduknya banyak beragama Islam sehingga mencari masjid di sana pun tidaklah sulit. Masjid yang berada di Chinese Hui Culture Museum and Park sekilas nampak seperti Taj Mahal di India. Masjid ini sangat megah dengan pilar-pilar besar yang makin memperlihatkan kekokohannya. Di bagian kubah masjid juga dihiasi ukiran kaligrafi yang indah.

06 of 6 Seoul Central Mosque di Korea Selatan  (Korsel)

Seoul Central Mosque di Korea Selatan  (Korsel)
Foto: Pariseoulove

Salah satu mesjid ternama di Korsel yang kerap dikunjungi para wisatawan adalah Seoul Central Mosque. Bangunan yang berdiri pada 1976 di Ibu Kota Korsel itu menjadi salah satu destinasi wisata Muslim sekaligus masjid yang bersejarah di Korsel.

Masjid Seoul Central terletak di distrik Yongsan. Bangunan itu hadir berkat izin dari mantan Presiden Korsel Park Chung Hee. Ketika itu, sang presiden mewakafkan sebidang tanah untuk komunitas Muslim di Korsel. Dirinya iba karena melihat ribuan Muslim Korsel beribadah dalam ruang sederhana.

Kehadiran Masjid Seoul Central juga tak lepas dari peran beberapa negara di Timur Tengah yang mengucurkan dana untuk pembangunan rumah ibadah tersebut. Pembukaan masjid ini pun kemudian diikuti dengan pembangunan masjid lainnya.

Namun tetap saja Masjid Seoul Central menjadi yang termegah dan termewah di kawasan tersebut. Pasalnya, selain dijadikan sebagai tempat ibadah, bangunan itu juga menjadi lokasi dakwah dan perjalanan sejarah Islam di Korsel.

Masjid ini juga terkenal dengan desain khas Islam. Menara-menara besar di gedung dan kaligrafi Arab terukir di dekat pintu masuknya. Sementara beberapa sisi di bagian luar, juga menggunakan gaya khas bangunan di Korsel. []

SUMBER: ISLAM INDONESIA | TRAVELINGYUK

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline