islampos
Media islam generasi baru

Dubes Baru AS untuk Israel Sumbang Pembangunan Rumah Yahudi

Foto: PIC
0

PALESTINA—Duta Besar baru AS di Israel David Friedman dilaporkan telah menyumbangkan dana untuk pembangunan rumah Yahudi di Beit El. Padahal rumah ini berdiri di atas tanah pribadi seorang warga Palestina di Tepi Barat.

Dikutip dari Haaretz pada Ahad (19/2/2017), rumah ini berada di kampung Hoolfnah di pemukiman Yahudi Beit El. Di gerbang rumah tersebut tertulis “Sumbangan dari David dan Tami Friedman untuk mengenang kedua orang tua mereka, yaitu Rabbi dan Nyonya Morris Adleyad Friedman, serta Tuan Julius dan Nyonya Bane Sand.”

Haaretz melaporkan bahwa bagian dari kampung ini telah dihancurkan atas perintah Mahkamah Agung Israel lima tahun lalu dan tersisa 9 rumah di lokasi, termasuk rumah ini.

Menurut Haaretz, rumah ini didirikan pada tahun 1999 dan pada tahun 2002 keluar perintah penghancurannya, namun belum dilaksanakan hingga hari ini.

Warga Palestina yang menjadi pemilik tanah tersebut sudah beberapa kali berusaha menguasai kembali tanah tersebut dan merobohkan bangunan yang ada, namun tidak pernah berhasil.

Sebagian warga berniat mengajukan gugatan ke pengadilah untuk merobohkan semua bangunan yang masih berdiri di kampung tersebut, termasuk rumah Friedman.

Berdasarkan dokumen kepemilikan, tanah yang ditempati bangunan-bangunan tersebut adalah milik sejumlah warga dari desa Dura. []

loading...
loading...