islampos
Media islam generasi baru

Ini 5 Negara Kecil Berpenduduk Mayoritas Muslim

0

PENDUDUK Muslim telah mencapai 1,7 miliar orang di seluruh dunia. Jumlah ini diprediksikan akan terus bertambah seiring berkembangnya agama di Islam di berbagai negara, terutama di daratan Eropa dan Amerika.

Nah, berikut lima negara kecil yang memiliki jumlah umat Islam terbesar di dunia.

1. Kosovo

Negara dengan ibukota Pristina ini hanya memiliki luas 10.908 Km2 dan terletak di benua Eropa. Negara ini memiliki penduduk 1,5 juta jiwa dengan 92 persen di antaranya beragama Islam. Di masa lalu, wilayah Kosovo ini pernah dikuasai oleh Kerajaan turki Ottoman selama 4 abad, hingga keruntuhannya pada 1924.

2. Sahara Barat

Negara ini teletak di benua Afrika dengan ibukota El-Aaiun dan memiliki luas 266.000 Km2. Saat ini Sahara Barat memiliki penduduk sebanyak 586 ribu orang. Namun dari jumlah ini, sebanyak 99,8 persen di antaranya beragama Islam.

3. Mayotte

Secara resmi Mayotte bukanlah sebuah negara Islam. Mayotte adalah sebuah pulau di Samudera Hindia dekat Madagaskar yang merupakan bagian dari Prancis dengan luas hanya 374 km2. Jumlah penduduknya sebanyak 200 ribu jiwa dan sebanyak 98,8 persen beragama Islam. Penduduk yang ada di Mayotte sebagian besar adalah orang Komoro.

4. Djibouti

Penduduk Muslim di salah satu negara Afrika ini mencapai 94 persen. Dengan luas 23.200 km2 , populasi penduduk di negara ini berjumlah 872.932 jiwa. Sisanya sebanyak enam persen penduduknya beragama Kristen dan agama suku lokal. Persebaran Islam di wilayah ini terjadi dari pedagang dan juga pendakwah yang berasal dari Jazirah Arab.

5. Sierra Leone

Negara ini terletak di benua Afrika dan memiliki luas 71.740 Km2. Menurut data statistik, umat Muslim di negeri ini mencapai 71 persen, sisanya adalah orang yang memeluk agama lokal dan juga Kristen.

Sayangnya, Muslim Sierra Leone kerap mengalami kesulitan untuk menjalankan ibadah haji. Jauhnya jarak yang ditempuh serta biaya yang mahal membuat banyak umat Muslim sulit menjalankan ibadah haji. []

Sumber: lensaterkini, wikipedia

loading...
loading...