islampos
Media islam generasi baru

Rayakan Kesuksesan Uji Coba Nuklir, Korea Utara Pesta Kembang Api

Foto: Alarabiya
0

KOREA UTARA—Pemerintah Korea Utara (Korut) dikabarkan telah menggelar perayaan besar atas kesuksesan para ilmuwan yang terlibat dalam uji coba ledakan nuklir terbesar. Pyongyang merayakannya dengan pesta kembang api dan sebuah demonstrasi massa di pusat kota.

Warga ibukota berjajar di jalan-jalan pada Rabu (6/9/2017) untuk menghibur bus yang membawa para ahli nuklir ke Pyongyang. Puluhan ribu orang berkumpul di Kim Il Sung Square untuk memuji usaha para ahli nuklir, Alarabiya melaporkan pada Kamis (7/9/2017).

Ledakan tersebut memicu kecaman global dan seruan oleh AS, Korea Selatan, Jepang dan negara lainnya atas sanksi Dewan Keamanan PBB yang kuat terhadap Korut. Bahkan Kantor Berita Pusat resmi Korut menggambarkan peristiwa ini sebagai “uji coba bom H-ICBM yang sukses.”

Pembicara pada demonstrasi tersebut mengatakan bahwa militer Korut “akan mengakhiri nasib imperialis AS yang mirip gangster. Korut berjanji akan memberikan serangan paling keras dan kuat jika AS dan sekutunya berani melawan Korut,” KCNA melaporkan.

Uji coba nuklir pada Ahad (3/9/2017) adalah peledakan nuklir keenam Korut dan sejauh ini merupakan yang terbesar sampai saat ini. Pemerintah asing belum mengonfirmasi apakah ledakan pada Ahad adalah senjata termonuklir penuh tingkat dua atau perangkat fisi yang disempurnakan.

Sebelumnya, Korea Utara pada Juli lalu telah melakukan dua uji coba pertama yang berhasil untuk sebuah rudal balistik antar benua (ICBM), yang tampaknya membawa sebagian besar wilayah AS ke dalam jangkauan serangan nuklirnya. []

loading...
loading...