ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

404 Warga Suku Anak Dalam Jambi Masuk Islam, Begini Kejadiannya

0

SEBANYAK 404 warga Suku Anak Dalam (SAD) di pedalaman Provinsi Jambi akan mengucapkan dua kalimat syahadat di Balai Adat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, Senin (30/01/2017). Demikian dilansir oleh laman Jambi Independent. Bagaimana ceritanya?

Salah satu warga SAD ini mengaku sangat senang dan bahagia karena diberi kesempatan dan difasilitasi dalam mengucapkan dua kalimat syahadat. “Kita senang sekali. Tidak ada paksaan sama sekali. Kita mendapatkan arahan dari pak kades dan ternyata banyak yang mau,” ujar Depati Suku Anak Dalam Becayo.

Becayo juga menyebutkan bahwa saat ini baru 200 suku anak dalam yang akan mengucapkan dua kalimat syahadat. Mereka itu berasal dari Dusun Batang Kelapo Sungai Rengas Kabupaten Batanghari.
“Kami tu sudah ada desa khusus namanya Desa Rumbung Bandung 3. Sekarang ada 200-an, selebihnya akan menyusul karena masih ada yang di dalam hutan,” ungkapnya.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyasakat Pemerintah Kota Jambi, Abu Bakar, kegiatan tersebut awalnya diinisiasi oleh Yayasan Agrapana Bhumi Indonesia (YABI), yang konsen di bidang penanganan lingkungan dan sosial bersama dengan ormas Front Pembela Islam (FPI) Kota Jambi.

Abu Bakar menyatakan bahwa jumlah warga SAD yang bersama-sama akan masuk Islam berjumlah 404 orang, yang terdiri dari 124 laki-laki dewasa, 114 wanita dewasa. Sementara sisanya anak-anak usia 7-12 tahun yang terdiri dari 90 orang anak laki-laki dan 76 orang anak wanita.

Prosesi pengucapan dua kalimat syahadat akan dipandu oleh para alim ulama dari MUI dan Kementerian Agama, termasuk juga Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha. Setelah pengucapan kalimat syahadat, lanjut Abu Bakar, warga SAD akan mengikuti prosesi berikutnya yaitu mandi wajib dan khitanan. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...