islampos
Media islam generasi baru

Sambut Idul Fitri, Arab Saudi Lakukan Berbagai Persiapan

Foto: Arabnews
0

ARAB SAUDI—Mahkamah Agung Arab Saudi proyeksi astronomi dilaporkan telah mengumumkan bahwa 1 Syawal diperkirakan jatuh pada Sabtu (24/6/2017). Untuk itu pemerintah Saudi telah mempersiapkan masjid-masjid sebagai tempat untuk melaksanakan shalat ‘Id pada Ahad (25/6/2017) esok.

Menurut laporan Arabnews, di Riyadh, ada sekitar 650 masjid yang ditunjuk untuk tujuan itu. Pengaturan juga akan dilakukan untuk melakukan salat Idul Fitri di 33 ruang terbuka, termasuk Sulaimaniyah, Deira dan Manfuha, dengan tempat khusus yang dialokasikan untuk wanita.

Sementara di Jeddah, pemerintah kota telah melakukan pengaturan di sekitar 280 lokasi di seluruh kota dan pinggiran kota. Ada 225 masjid Idul Fitri. Sekitar 1.000 petugas kebersihan akan ditugaskan ke lokasi untuk memastikan pasokan listrik dan air yang memadai.

Departemen Masjid di Kementerian Agama juga telah menginstruksikan para imam dan panitia yang bertanggung jawab sebagai pemelihara masjid saat Idul Fitri. Hal ini untuk memastikan bahwa semua persiapan, termasuk pasokan tenaga dan air, memadai ketika pelaksanaan.

Perusahaan kontraktor yang memelihara masjid di kota telah diminta untuk membersihkan seluruh area shalat di masjid-masjid Idul Fitri dan meletakkan karpet untuk para jemaah.

Rencana darurat telah disiapkan untuk penggunaan masjid besar terdekat jika terjadi hujan di tempat terbuka. []

loading...
loading...