islampos
Media islam generasi baru

Ja’far Terbang di Surga dengan Kedua Sayapnya Bersama Para Malaikat

Foto: Dakwatuna
0

DIRIWAYATKAN dari Ibnu Abbas, ia menuturkan, “Rasulullah SAW bersabda,’Tadi malam aku masuk surga. Aku melihat-lihat di dalamnya, ternyata Ja’far tengah terbang bersama para malaikat dan Hamzah bertelekan di atas kasur miliknya.” ( HR Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir dan Hakim. Dishahihkan al-Albani dalam Shahih al-jami’)

Setiap kali mengucapkan salam untuk anak Ja’far, Ibnu Umar selalu berkata, “Assalamualayka wahai anak orang yang punya dua sayap.”
Ibnu Katsir menuturkan, “Karena Allah mengganti kedua tangan Ja’far dengan sayap di surga.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia menuturkan, “Rasulullah SAW bersabda,’Aku melihat Ja’far bin Abi Thalib seperti malaikat di surga dengan kedua sayapnya bersama para malaikat lain.”

Dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas, ia menuturkan, “Rasulullah SAW bersabda,’ Aku melihat Ja’far bin Abi Thalib seperti malaikat di surga.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia menuturkan, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Tadi malam, Ja’far melintas dihadapanku bersama sejumlah malaikat. Kedua sayapnya berlumuran darah, namun hatinya suci bersih.” (Al-Hafizh menuturkan dalam Al-Fath (VII/96), ”Diriwayatkan Hakim dengan sanad shahih, sesuai syarat Muslim.)

Abdullah bin Ja’far berkata, “Rasulullah SAW berkata padaku, ’Selamat untukmu! Ayahmu terbang di langit bersama para malaikat.” (Al-Hafizh menuturkan dalam Al-Fath (VII/96), ”Diriwayatkan Ath-Thabrani dengan sanad hasan)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas secara marfu’, Ja’far terbang bersama Jibril dan Mikail. Ia memiliki dua sayap sebagai ganti kedua tangannya.” (Ibid) []

Sumber: Biografi 35 Shahabiyah Nabi/Syaikh Mahmud Al-Mishri/Ummul Qura

loading...
loading...