islampos
Media islam generasi baru

Dr Tahir Hilmi Keluarkan 1600 Batu dari Perut Seorang Wanita

Foto: gulfnews
0

UNI EMIRAT ARAB—Lebih dari 1.600 batu dengan berbagai ukuran telah dikeluarkan dari kandung empedu seorang wanita 40 tahun. Ribuan batu ini dikeluarkan oleh dokter di Rumah Sakit Umum Khalifa di Kota Umm Al-Quwain pada Kamis (27/4/2017).

Khaleejtimes mengutip Dr. Tahir Hilmi, kepala tim medis dan bedah umum Rumah Sakit Khalifa mengatakan bahwa pasien tersebut awalnya melapor ke bagian klinik rawat jalan. Ia mengeluhkan rasa sakit yang sering dialaminya di bagian kanan atas perutnya selama lebih dari satu tahun.

Saat ia menjalani ultrasound, terlihat tumpukan sejumlah besar batu di kantong empedunya.

“Tim yang mengawasi kasus ini memutuskan untuk melakukan operasi laparoskopi,” kata Dr Hilmi. Operasi dilakukan yang berlangsung hampir satu jam. Lebih dari 1.600 batu sukses dikeluarkan dari kantong empedunya tanpa komplikasi.

Pasien tersebut dirawat di rumah sakit selama dua hari dan dipulangkan setelah kondisinya mulai stabil.

Berbicara tentang bagaimana batu terbentuk di kantong empedu, dr Hilmi menjelaskan bahwa alasan terbesar adalah obesitas, konsumsi makanan berlemak, kolesterol tinggi dan diabetes tingkat tinggi.

“Sejarah keluarga dan faktor genetik adalah alasan lain di balik batu-batu ini,” tambahnya. Dr Hilmi menyarankan orang untuk menghindari makanan cepat saji dan makanan berlemak, sembari meningkatkan asupan makanan dan makanan serat. []

loading...
loading...