Palestina

Ribuan Tahanan Palestina Sekarat Di Penjara-Penjara Yahudi

Selasa 13 Syaaban 1433 / 3 Juli 2012 08:26

islampos.com—SEL-SEL penjara adalah tempat dan sekaligus cara lain, bagaimana Israel menyiksa orang-orang Palestina. Tidak hanya itu juga, hal itu sekaligus cara empuk bagi penguasa-penguasa penjara Yahudi terhadap para tawanan.

Dilaporkan sebanyak 1.700 tahanan Palestina di penjara-penjara ‘Israel’ dilaporkan dalam keadaan sakit. Demikian dilaporkan Kementerian Urusan Tahanan Otoritas Palestina beberapa hari yang lalu.

Disebutkan, 75 orang dari para tahanan itu menderita penyakit kronis dan 20 orang di antaranya berada di klinik penjara Ramla. Pengacara kementerian, Shirin Iraqi mencontohkan, seorang tahanan bernama Ala Ibrahim Ali Al-Hims dari Rafah, Jalur Gaza yang ditahan sejak 24 Februari 2009 di penjara Hadarim kini menderita TBC dan sering muntah-muntah serta menderita migrain juga sakit kepala.

Iraqi mengatakan, pihak penjara tidak mengizinkan dokter spesialis untuk menanganinya ataupun membawanya ke rumah sakit. Awal pekan kemarin, Iraqi menuturkan, seorang tahanan di penjara Eshel mengatakan bahwa dokter penjara telah pergi dengan alasan mengunjungi ibunya yang sakit di Rusia. Dokter ini, ujarnya, meninggalkan tahanan-tahanan yang sakit tanpa pelayanan medis yang memadai.

Mohammad Abed Al Kareem Zawahreh mengatakan kepada pengacara kementerian bahwa setiap beberapa hari sekali otoritas penjara membawa seorang dokter dari dekat penjara Ramon. “Tapi tetap saja tahanan yang sakit tidak mendapatkan perawatan yang tepat,” ujarnya. [nr/islampos/al-aqsha]

Redaktur: Ratna