Suara Pembaca

LPPOM MUI Jatim Segera Gelar Indonesia Halal Expo 2013

Senin 18 Jamadilakhir 1434 / 29 April 2013 09:17

rakerda_jatim-rev
LPPOM MUI Jatim Gelar  Pameran Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2013  di JX-International Expo – Surabaya pada 20 – 23 Juni 2013
Provinsi Jawa Timur memiliki potensi yang strategis dan sangat menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Sumber daya alam, jumlah penduduk yang cukup besar, serta pertumbuhan ekonomi yang signifikan menjadikan wilayah Jawa Timur sebagai penopang utama perekonomian nasional.
Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk muslim yang sangat besar, sekitar 96,76% dari kurang lebih 38 juta penduduk, masalah halal di Jawa Timur sudah selayaknya menjadi perbatian banyak kalangan, baik dari kalangan ulama, pemerintah maupun pelaku usaha. Hal ini dilakukan selain untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen muslim, halal juga telah menjadi tren bisnis yang terus berkembang di berbagai negara.
Menurut data yang dilansir oleh Islamic Finance, penduduk muslim dunia sudah mencapai lebih dari 1,8 milyar jiwa dengan tingkat perdagangan produk halal dunia sudah di atas US$ 641 milyar per tahun. Negara-negara di Amerika dan Eropa bahkan sudah menyediakan counter khusus di berbagai supermarket yang menyediakan muslim food.
Ketua MUI Jawa Timur, KH Abdussomud Buchari mengatakan, Indonesia yang sejak 2011 lalu dipercaya menjabat President World Halal Food Council (WHFC) dan telah dicanangkan sebagai Pusat Halal Dunia oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI, Hatta Rajasa pada 2011 lalu, harus terus berupaya untuk memperkuat pasar halal di dalam negeri.
Dalam konteks itu, tambah KH Abdussomad, Jawa Timur merupakan wilayah unggulan untuk pengembangan halal nasional. Sebab, selain jumlah penduduknya sangat besar, Jawa Timur juga dikenal sebagai sentra pengembangan berbagai jenis produk konsumsi serta daerah pariwisata yang sangat popular di manca negara.
Atas dasar pemikiran itulah, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Jawa Timur mengadakan pameran Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2013, bertempat di JX-Intemational (Jatim Expo) Jalan A. Yani Surabaya selama empat hari pada 20 – 23 Juni 213. Pameran ini diharapkan dapat dibuka secara resmi oleh Gubemur Jawa Timur, Bapak DR.H. Soekarwo,SH.M.Hum.
“Pameran halal ini kami pan dang penting mengingat Jawa Timur memiliki peran yang dan kontribusi yang strategis bagi perekonomian nasional, karena posisinya sebagai gerbang utama bagi kawasan Timur Indonesia. Dengan meningkatkan sosialisasi dan edukasi halal kepada masyarakat di Jawa Timur, diharapkan aspek halal dapat menjadi salah satu kekuatan daya saing agar produk dari Jawa Timur dapat bersaing di pasar nasional maupun global. Sebagai negara dengan populasi musiim terbesar di dunia sekaligus produsen berbagai ragam produk pangan, sudah saatnya Indonesia berperan aktif melakukan promosi halal agar produk nasional dapat menjadi tuan di negeri sendiri,” kata KH Abdussomad.
Diperkirakan, INDHEX Jatim 2013 akan diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari perusahaan besar tingkat nasional yang telah memiliki sertifikat halal, pelaku usaha kecil dan menengah di bidang pangan, sandang dan perlengkapan ibadah, pengusaha busana muslim lembaga pendidikan, lembaga keuangan serta para perajin unggulan di Jawa Timur dan sekitarnya.
Selain pameran, INDHEX Jatim 2013 juga akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan lain seperti:
  • Talkshow tentang pentingnya produk halal bagi konsumen dan produsen
  • Islamic Fashion Show
  • Lomba Hadrah Al-Banjari se-Provinsi Jawa Timur
  • Demo masak “JUMBO Halal Cullinary” yang akan menyajikan makanan khas Jawa Timur dalam ukuran jumbo jumbo dan dimasak oleh chef terkenal dari Jakarta.
  • Aneka lomba dan hiburan lainnya
KH Abdussomad menambahkan, INDHEX Jatim 2013 sangat penting artinya bagi Indonesia pada umumnya dan bagi masyarakat Jawa Timur pada khususnya, karena tahun ini Pemerintah tengah menggalakkan pengembangan wisata syariah, di mana Jawa Timur merupakan wilayah yang memiliki obyek wisata yang sangat beragam.
“Dalam wisata syariah, unsur makanan dan minuman halal serta sarana peribadatan menjadi komponen yang sangat penting. Oleh karena itu, kami mengajak kalangan dunia usaha untuk turut berpartisipasi aktif dalam INDHEX Jatim 2013 dan bersama-sama menyongsong peluncuran program wisata syariah yang secara nasional akan dilakukan oleh Bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013 mendatang di Jakarta.” (***)
Informasi Lebih Lanjut:
Sdri. Lily Fatmawati  (08563637263)
Sdr. Agung Hariyono  (081316928827)

Redaktur: Rayhan



Peluang