Dunia

Inilah Alasan Mengapa Iran Membela Habis-Habisan Rezim Assad

suriah-berdarah

islampos.com—SEMPAT diberhentikan sementara dari keanggotaan OKI, Iran membela habis-habisan Assad. Berlangsungnya KTT Mekkah dan menjadi salah satu agenda puncak, posisi Suriah memang kian terjepit. Suriah dengan basis Syiah yang dipimpin Assad, kini tengah mendapat pertolongan Iran—negara sesama Syi’ah itu. Meski kekejaman pemerintahan Syi’ah di Suriah sudah sedemikian nyata, karena kedekatan kedua negara yang dilandasi faktor Syiah, tentu Iran tidak tinggal diam .




Kepala Intelejen Iran mengatakan pada Presiden Bashar al-Assad bahwa Suriah adalah bagian dari aliansi regional penting dan Teheran tidak akan membiarkannya hancur.

Ayham Kamel dari Eurasia Group percaya bahwa Iran khawatir al-Assad segera tenggelam. “Iran mungkin memiliki informasi yang sangat baik tentang posisi Assad. Informasi itu memperjelas posisi Iran yang khawatir akan kehilangan sekutu di kawasan itu, yang akan mengurangi jangkauan strategisnya,” katanya.

Baca Juga :





Bukan rahasia lagi, oposisi Suriah kebanyakan adalah kaum Sunni. Belakangan, Qatar dan Arab Saudi, yang notabene juga Sunni, menyatakan dukungannya terhadap kubu oposisi. Dan Assad mengecam karena tidak terima negara-negara asing tertentu mendukung kubu oposisi di Suriah dengan mempersenjatai para pemberontak.

Iran jelas adalah sekutu terakhir Assad. Para pejabat intelijen Barat percaya bahwa Republik Islam Iran memberikan bantuan teknis seperti intelijen, komunikasi, dan rekomendasi untuk pengendalian massa serta  senjata.

Sebuah panel PBB melaporkan pada Mei bahwa senjata Iran yang ditujukan untuk Suriah disita di Turki termasuk senapan serbu, bahan peledak, detonator, senapan mesin, dan mortir.

Menteri Luar Negeri Iran beberapa hari lalu, mengakui bahwa ke-48 warga Iran yang diculik akhir pekan lalu oleh Pasukan Pembebasan Suriah di dekat Damaskus adalah para mantan personel militernya.

“Beberapa individu adalah pensiunan Garda Revolusi dan tentara dikirim ke Suriah untuk melakukan ziarah,” kata Menteri Luar Negeri Ali Akbar Salehi. Pernyataan ini  dimanfaatkan oleh kubu oposisi sebagai konfirmasi bahwa Iran secara langsung membantu rezim al-Assad.

Menurut analisa CNN, Suriah juga penting bagi Iran karena merupakan saluran utama ke Hizbullah, milisi Syiah di Lebanon.  Pada tahun 2009, diplomat tertinggi Amerika  di Damaskus mengungkapkan bahwa Suriah telah mulai mengirimkan rudal balistik kepada Hizbullah, menurut dokumen rahasia yang bocor dan diterbitkan oleh WikiLeaks. [nr/islampos/cnn]



9 Comments

9 Comments

  1. hasan

    August 17, 2012 at 2:18 pm

    salam,
    terlepas dari iran,syria,saudi,uea,lebanon etc,yg jelas
    kalo rezim diktator asad jatuh yg paling DIUNTUNGKAN
    adalah REZIM ZIONIS & Amrik plus teman2 seranjang di timteng,
    utk islam BIG ZERO,buat rusia/china jg kerugian besar,
    krn kasus syria beda dgn tunis & mesir,
    mungkin mirip libya,so … be careful..

    • aloy

      November 29, 2012 at 11:10 pm

      Sdh saatnya rakyat suriah mengambil alih kepemimpinan, dan menentukan sendiri bagaimana posisinya terhadap barat, rusia, israel dan turki. Bravo jabhah nusra

    • Tauhid

      July 6, 2013 at 2:40 pm

      Cuih..Syiah..,Label Islam..ajaran bukan islam..nama sama tapi Palsu..,orang Nasrani juga sama orang Islam sebut nama Allah..tapi tetap beda bukan…???

  2. Ghany Sedunia

    August 18, 2012 at 3:09 am

    Assalamu Alaikum,
    pakai lah akal sehat Akhi, apakah Suriah salah jika membasmi pemberontak, apakan tindakan Israel benar waktu menyerang Palestina yang secara jelas bukan Negaranya, kemana Arab dan Kroninya waktu itu? Rasulullah tidak pernah membenarkan suatu kaum memberontak dari pemimpinnya. apakah mungkin Suriah tanpa sebab membunuh warganya? pasti ada sebab awal, jika pemimpin zalim maka dalam Alquran dan Hadist mengajarkan untuk bersabar bukan untuk memberontak. mohon dalam tulisan Penulis dalam situs ini untuk tidak menjadi profokator antar sesama Ummat Islam. Bijaklah dalam memandang …. (sekedar masukkan). wassalam

    • aloy

      November 29, 2012 at 11:13 pm

      Galilah ilmu dan informasi sebanyak mungkin. Jgn lupa tabayun dulu. Kmd berkomentarlah dg cerdas.

    • al rasyid

      January 21, 2013 at 12:33 pm

      ghany sedunia , lo itu gak pantes koment mending lo gabung aja ama rezim bashar ,biar skalian jadi “jalan” para mujahid ke jannah…

  3. Bamagain

    December 27, 2012 at 9:22 am

    Yaa rabb Hinalah Sehina-hinanya si syi’ah bassar yg sesat.

  4. abiroihan

    May 5, 2013 at 7:53 pm

    Hanya orang syiah aja yg membela siria…..
    Jadi kalau hal ini ada yg komen membela siria mungkin dia bagian dari syi’ah….

  5. Abo Yaman

    May 6, 2013 at 12:43 am

    Awas tipuan para penjahat kelamin (syiah) yg membuat opini perang suriah adalah perang sesama Islam.
    Perlu saya jelaskan bahwa perang suriah adalah perang islam VS syiah (penjahat kelamin)
    Diawali pembantaian kaum syiah terhadap Ummat islam suriah.
    Dan ingat, syiah bukan agama dan bukan juga bagian dari islam.
    Syiah adalah sebuah sekte buatan yahudi dengan tujuan bisa menyusup ke dalam islam untuk menghancurkan Islam dari dalam.
    Tidak ada agama satupun di dunia Ini yg mempunyai kebencian terhadap islam yg bisa melebihi sekte syiah sekalipun yahudi !!!
    Maka sebaiknya syiah di indonesia harus di habisi bila Perlu di bantai agar Ummat islam di indonesia bisa hidup tenang tanpa syiah !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Si prega di attivare i Javascript! / Please turn on Javascript!

Javaskripta ko calu karem! / Bitte schalten Sie Javascript!

S'il vous plaît activer Javascript! / Por favor, active Javascript!

Qing dakai JavaScript! / Qing dakai JavaScript!

Пожалуйста включите JavaScript! / Silakan aktifkan Javascript!