Dunia

Hakim Mesir Putuskan Mubarak Tidak Bersalah Dalam Pembunuhan Demonstran

Senin 4 Jamadilakhir 1434 / 15 April 2013 16:44

mubarak


MANTAN Presiden Mesir Hosni Mubarak Senin ini (15/4/2013) dibebaskan dari tuduhan terhadap dirinya, setelah seorang hakim memutuskan bahwa ia tidak bersalah, seorang koresponden Al Arabiya melaporkan.

Mubarak tiba pada hari Senin di pengadilan Kairo untuk mengajukan banding terkait pembebasan dirinya dari tahanan. Namun Hakim mengumumkan bahwa pembebasan Muabarak ditunda, atas dasar masih ada tuduhan lain terhadap dirinya.

Banding tersebut disampaikan oleh pengacara Mubarak ke Pengadilan Banding Kairo dengan mengatakan bahwa mantan presiden yang telah berusia 84-tahun tersebut ditahan telah melebihi jangka waktu maksimum penahanan sementara terhadap dirinya, lapor kantor berita negara MENA.

Mubarak menghadapi pengadilan atas tuduhan keterlibatan dirinya dalam pembunuhan pengunjuk rasa dalam pemberontakan yang berhasil menumbangkannya.

Mubarak ditahan di sebuah rumah sakit militer di Kairo dan telah dirawat karena kondisi jantung yang lemah, patah tulang rusuk, adanya cairan di paru-paru, depresi dan tekanan darah tinggi, menurut pengacara yang membela dia.

Pada bulan Januari, pengadilan tertinggi Mesir, Pengadilan Kasasi, memerintahkan pengadilan ulang untuk Mubarak setelah menerima banding terhadap hukumannya, mengutip adanya kegagalan prosedural.

Pengadilan terhadap dirinya pada bulan Agustus 2011 lalu adalah momen besar bagi Mesir dan wilayah di kawasan timur tengah, karena untuk pertama kalinya seorang pemimpin Arab yang digulingkan oleh rakyatnya sendiri muncul di pengadilan secara pribadi.(fq/islampos/alarabiya)

Redaktur: Al Furqon



Peluang