Mesir

Aliansi Pro Mursi Serukan Demo Massal Kutuk Pembantaian oleh Aparat

Selasa 22 Ramadhan 1434 / 30 Juli 2013 09:45

aliansi2 Aliansi Pro Mursi Serukan Demo Massal Kutuk Pembantaian oleh Aparat
KOALISI Nasional Mesir untuk Mendukung Legitimasi, sebuah aliansi yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin yang menuntut kembalinya presiden terguling Muhammad Mursi, menyerukan demonstrasi massal pada hari Selasa ini (30/7/2013) mengutuk pembunuhan ratusan demonstran pro Mursi oleh pasukan keamanan pada hari Sabtu lalu.

“Kami tidak pernah membayangkan bahwa pelaku kudeta akan membuat Mesir menjadi berdarah. Pemimpin kudeta mengklaim ia memiliki dukungan rakyat untuk melakukan penindasan agresif terhadap darah rakyat Mesir,” demikian pernyataan yang dirilis oleh koalisi Senin kemarin.

“Kami menyerukan kepada massa yang mengecam pertumpahan darah rakyat Mesir yang tak bersenjata untuk turun ke jalan dan melanjutkan pemberontakan damai menentang langkah-langkah penindasan yang dilakukan oleh para pemimpin kudeta.”

Ratusan pendukung Mursi tewas dan ratusan lainnya terluka pada Sabtu lalu oleh tembakan pasukan keamanan di dekat Rabaa Al-Adawiya Square Kairo, di mana pendukung Mursi telah berkemah di sana selama empat minggu.

Massa pro Mursi di Rabaa Al-Adawiya dijadwalkan dalam aksi hari ini akan menyelenggarakan pemakaman simbolis terhadap demonstran yang dibunuh, sedangkan konferensi pers oleh keluarga mereka yang tewas dalam pembantaian aparat keamanan akan diselenggarakan pada tanggal 5 Agustus.[fq/islampos/alahram]

Redaktur: Al Furqon



Peluang