Adab Islam

Adab Terhadap Guru

Senin 9 Rabiulawal 1434 / 21 Januari 2013 16:23

 

adab-murid-kepada-guru

SOSOK guru tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita. Mulai dari kita kecil sampai kita dewasa kita akan bertemu terus dengan sosok guru.  Seorang yang diguguh dan ditiru ini menyalurkan ilmu pengetahuannya kepada murid-muridnya  agar mereka menjadi seseorang yang dapat berkarya sesuai dengan bakat, prestasi, dan kualitas yang dimiliki masing-masing.

Dengan perannya yang sangat besar dalam kehidupan kita, maka sepantasnya guru itu dihormati oleh kita. Dalam Islam pun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bersikap selaku murid terhadap gurunya.

Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut,

  1. Menghormati dan menghargainya. Hal ini sebagaimana pengamalan atas sabda Rasulullah SAW. “Bukan dari golongan kami mereka yangtidak menghormati yang tua, tidak menyayangi yang kecil dan tidak mengetahuihak orang yang alim” (Shahih Jami’)
  2. Tidak mencari-cari kelemahan dankesalahannya.
  3. Tidak menggibahnya (membicarakannyadengan yang dia tidak senangi), bahkanmembelanya ketika digibah orang lain.
  4. Mendoakannya dari kejauhan semoga diberi pahala atas ilmu yang sudah ia ajarkan.
  5. Mengambil manfaat dari kebaikan sang guru,dan tidak mencontohnya jika berbuat salah
  6. Menisbatkan ilmu yang ia ajarkan kepadanya; karena hal itu mengangkat kedudukannya di mata manusia
  7. Menjaga adab berbicara dan diskus idengannya.

Begitulah adab-adab dalam bersikap terhadap guru kita, selain karena anjuran Islam, insya Allah dengan bersikap sesuai tuntutan Islam, ilmu yang sudah kita dapatkan dari guru kita pun akan lebih berkah. [ns/islampos/adabadabislam/satriawan Muhammad Anun As-Sasakiy]

Redaktur: Saad Saefullah



Peluang