ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Yahudi Kroasia Boikot Acara Peringatan Hari Holocaust Internasional

0

BELGRADE – Sebuah kelompok Yahudi di Kroasia secara resmi memboikot acara Hari Peringatan Holocaust Internasional Jumat kemarin (27/1/2017) terkait billboard tentara kontroversial yang dianggap fasis.

Sementara itu pemimpin Serbia, Kroasia dan Bosnia dan Herzegovina berkumpul di ibukota masing-masing untuk menandai Hari Peringatan Holocaust Internasional, banyak warga Yahudi Kroasia marah dengan mendirikan tenda di dekat lokasi kamp kematian Perang Dunia II.

Militer Kroasia memasang papan iklan di Jasenovac dengan slogan kontroversial yang bertuliskan “Za dom spremni” yang berarti “siap”, Anadolu Agency melaporkan.

Slogan itu digunakan selama Perang Dunia II oleh gerakan Ustaše pro-Jerman dan dipandang sebagian orang setara dengan slogan Nazi “Sieg Heil”.

Didirikan pada tahun 1941, kamp Jasenovac menjadi saksi sekitar 100.000 orang Serbia, Yahudi, Roma dan lainnya dibunuh oleh rezim Ustaše pemimpin fasis Kroasia Ante Pavelic.

Di tempat lain di Balkan pada hari Jumat kemarin, delegasi yang dipimpin oleh Presiden Serbia Tomislav Nikolic meletakkan karangan bunga di depan monumen Belgrade untuk korban genosida Perang Dunia II.

Berpidato di acara itu, Nikolic mengirimkan pesan bahwa setiap orang harus berkomitmen untuk memastikan perdamaian sehingga kejahatan Holocaust tidak akan terjadi lagi.

Di Bosnia, komunitas Yahudi memperingati hari Holocaust internasional dengan doa bagi para korban di ibukota Sarajevo.[fq/islampos]

loading...
loading...