islampos
Media islam generasi baru

Terkait Kontrol Internet, Cina Desak Dunia Internasional

Foto: Politico
0

BEIJING – Cina saat ini sedang mengupayakan adanya persetujuan internasional guna meningkatkan kontrol negara atas internet. Hal itu dilakukan dalam upaya memerangi serangan dan terorisme dunia maya.

Menurut laporan VOA, Beijing ingin meluaskan gagasan yang berlaku sekarang ini mengenai kedaulatan atas darat dan laut hingga mencakup dunia maya.

Beijing sendiri telah melansir dokumen pertamanya terkait bagaimana mereka akan membujuk negara-negara lain agar bergabung dalam kemitraan internasional. Gagasannya adalah untuk meningkatkan kewenangan pemerintah masing-masing atas dunia maya, dan mengurangi peran sektor swasta.

Koordinator divisi Urusan Cyber di Kementerian Luar Negeri Cina, Long Zhou, menyatakan keprihatinan negara-negara di dunia mengenai meningkatnya serangan dunia maya. Menurut Long, dunia maya seharusnya tidak menjadi suatu ruang tanpa hukum.

Para analis menganggap langkah Cina itu sebagai rencana besar untuk meluaskan gagasan mengenai sensor Ciina hingga ke sebagian besar dunia.

Cina sendiri dikritik negara-negara maju karena mengontrol Internet dengan ketat, dan menolak kehadiran Google, Facebook, Twitter dan banyak situs berita asing bagi para pengguna Internet.

Jika kampanye Cina itu mendapat momentum, yang pertama-tama terpukul adalah perusahaan-perusahaan Amerika yang berperan dominan di Internet, kata para analis. [fq/islampos]

loading...
loading...