islampos
Media islam generasi baru

Tanpa Alasan, Militer Myanmar Kembali Tembaki Muslim Rohingya

Foto: Free Malaysia Today
0

SITTWE—Militer Myanmar dilaporkan kembali menembaki Muslim Rohingya dengan menggunakan senapan mesin serta mortir, Sabtu (26/8/2017).

Manzurul Hassan Khan, kepala keamanan perbatasan Bangladesh menjelaskan, tentara Myanmar melepaskan tembakan kepada warga sipil -termasuk perempuan dan anak-anak.

“Mereka menembakkan senapan mesin dan peluru mortir ke arah warga sipil tanpa adanya penjelasan apapun kepada kami yang berada di perbatasan,” ujar Hassan seperti dilansir Aljazeera, Ahad (27/8/2017).

Muslim Rohingya saat itu tengah berusaha pergi ke arah perbatasan negara karena situasi konflik yang terus meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Hassan mengungkapkan bahwa militer Myanmar nampaknya bergabung dengan ektremis Rakhine, kemudian menyerang warga sipil Rohingya dengan menggunakan senjata lengkap.

“Kami memiliki video bagaimana kekerasan itu terjadi dan akan menunjukkannya dengan segera sebagai bukti kebenaran laporan itu,” ujar perwakilan Dewan Rohingya Eropa Anita Schug.

Bentrokan terjadi di wilayah utara Rakhine kembali terjadi dan dimulai pada Jumat (25/8/2017) lalu. Sebanyak 20 pos keamanan polisi Myanmar di area perbatasan negara itu dan Bangladesh dilaporkan telah mendapat serangan pada dini hari.

Menurut pasukan militer Myanmar, ada ratusan orang yang diyakini oleh mereka merupakan Rohingya menyerang pos polisi di utara negara bagian tersebut. Beberapa membawa senjata, serta menggunakan bahan peledak buatan sendiri dalam serangan itu.

Dalam bentrokan tersebut, sebanyak 71 orang dilaporkan tewas dan seluruhnya merupakan dari pihak penyerang. Sementara, 12 petugas keamanan Myanmar juga disebut kehilangan nyawa dalam kejadian ini. []

loading...
loading...