islampos
Media islam generasi baru

Tak Boleh Terkena Air, Tapi Harus Mandi Junub, Bagaimana?

Foto: Bob Vila
0

ANDA tentu telah memahami bahwasanya jika seseorang telah mengalami mimpi basah atau berhubungan suami istri, maka ia wajib mandi. Ya, sebab, dirinya dalam keadaan junub. Dan keadaan seperti itu sama halnya ia tidak suci. Maka, ia tidak bisa shalat kecuali sesudah mandi.

Hanya saja, ada di antara kita yang mengalami luka dalam bagian tertentu. Sedang, luka tersebut tidak boleh terkena air. Akibatnya, ia tidak bisa membasahi anggota tubuh yang luka ketika mandi. Padahal, ketika mandi junub anggota tubuh haruslah dibasahi semuanya. Lantas, bagaimana Islam memandang hal ini?

Dalam konsultasisyariah.com dielaskan bahwa terdapat kaidah dalam Al-Quran, “Bertakwalah kepada Allah semampu kalian,” (QS. At-Taghabun: 16).

Ayat ini yang menjadi dasar bahwa dalam menjalankan perintah, manusia harus melakukannya semampunya. Selama dia masih bisa melakukan yang asal, maka dia tidak boleh melakukan penggantinya.

Karena itu, bagi orang yang junub, masih memungkinkan untuk mandi, namun ada bagian anggota badannya yang sakit, sehingga tidak boleh kena air, orang ini harus tetap mandi. Hanya saja, di bagian yang sakit, boleh tidak terkena air.

Dalam Fatwa Lajnah Daimah ada pertanyaan, “Dua hari setelah operasi saya mimpi basah. Dan saya khawatir jika saya mandi ini akan membahayakan anggota badanku. Meskipun aku belum tanya ke dokter, apakah akan membahayakan diriku ataukah tidak. Lalu saya wudhu dan setelah itu tayamum. Benarkah yang saya lakukan?”

Jawaban dari Lajnah Daimah, “Anda tidak mandi, membasahi seluruh badan Anda setelah mimpi basah, hukumnya tidak boleh. Wajib bagi Anda untuk mandi, jauhkan air di bagian yang baru saja dioperasi, yang Anda khawatirkan akan membahayakan jika kena air,” (Fatwa Lajnah Daimah, no. 11115).

Maka, dapat kita ketahui bahwasanya mandi junub tetap harus dilakukan. Hanya saja, pada bagian tubuh tertentu yang mengalami luka tidak mengapa tidak dibasahi air. Selagi diketahui akan terjadi masalah serius jika terkena air. Wallahu ‘alam. []

loading...
loading...