islampos
Media islam generasi baru

Taat sama Allah, tapi Masih Lakukan Riba?

Foto: M Ardiansyah/Islampos
0

Oleh: Eli Supriatin
Ibu Rumah Tangga tinggal di Bandung, 3lisupriatin@gmail.com

 

DI bulan Dzulhijah yang erat kaitannya dengan ibadah haji, ada hikmah yang bisa kita petik yaitu tentang kepasrahan, ketundukan dan ketaatan total kepada Allah SWT. Diantaranya, saat berhaji seorang muslim yang terbiasa berpakaian mewah harus rela dan pasrah untuk hanya mengenakan pakaian ihram yang bahkan tak berjahit.

Yang terbiasa berkendaraan mewah ber-AC harus rela berjalan kaki atau berlari-lari ditengah terik matahari, yang terbiasa hidup nyaman harus rela untuk ikut berdesak-desakan dengan jamaah lain.

Lalu bagaimana sikap orang yang diluar ibadah haji? Sayangnya, banyak kita temui kaum muslim yang belum menampakkan kepasrahan, ketundukan dan ketaatan total pada Allah swt. Ini terlihat dari masih banyaknya yang menjadi pelaku riba yang terlibat dengan perbankan, asuransi, leasing atau yang serupa.

Padahal Allah SWT telah dengan jelas mengharamkan riba. Kitapun masih sering menemukan muslimah yang tidak menutup auratnya, muslim yang mengkonsumsi miras ataupun narkoba, berjudi bahkan melakukan pergaulan bebas alias zina yang telah merebak dikalangan remaja. Padahal zina termasuk dosa besar yang wajib dijauhi (lihat QS al-Isra'[17]:32).

Dengan demikian, bersiap-siaplah untuk menghadapi azab Allah SWT sebagaimana yang telah disampaikan Nabi Muhammad saw, yang artinya: “Jika zina dan riba telah merajalela di suatu negeri, berarti penduduknya telah menghalalkan azab Allah atas diri mereka,” (HR al-Baihaqi).

Sepatutnya tidak boleh sedikitpun kaum muslim meninggalkan syariah dan hukum-hukum Islam. Allah SWT telah berfirman, yang artinya, “Hai orang-orang beriman, masuklah kalian kedalam Islam secara total,” (QS al-Baqarah[2]:208).

Untuk itu, mari kita buktikan kepasrahan, ketundukan dan ketaatan total kita kepada Allah SWT dengan sama-sama berjuang menerapkan syariah Islam secara menyeluruh. Wallahu’alam bish shawab. []

loading...
loading...