ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Serukan Bahaya NAPZA, CBN Kota Jogja Siap Terjun ke Masyarakat

0

Advertisements

JOGJAKARTA—Karang Taruna Kota Jogja melakukan regenerasi dan pembaruan pengurus CBN (Cegah Berantas Narkoba). CBN merupakan unit pelaksana teknis dari Karang Taruna Kota Yogyakarta yang bergerak dalam bidang kepemudaan untuk menyerukan perlawanan terhadap bahaya NAPZA.

Ketua Karang Taruna Kota Yogyakarta, Solihul Hadi SH mengatakan, proses reorganisasi CBN kali ini melibatkan 14 orang yang berasal dari 14 kecamatan se-Kota Jogja. Dalam proses pengkaderan, Karang Taruna Kota Jogja bekerja sama dengan DPD GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkotika) DIY.

“Diklat-nya berlangsung selama tiga hari di Facility Sompok, Imogiri, Bantul. Pengkaderan menggunakan sistem TC (Terapeutik Community) bertujuan untuk membangun character building, kedisiplinan dan cara bersikap yang baik, sehingga ketika kembali ke masyarakat, teman-teman CBN mampu mengembalikan fungsi sosial yang bertanggungjawab” tutur Solihul Hadi.

Lebih lanjut pria yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Magister Kenotariatan UGM ini menambahkan, dalam ketugasannya, CBN mengemban tiga tugas utama, yaitu campaign (kampanye dan sosialisasi), investigation (investigasi dan pelaporan), dan counselling (konseling remaja).

Related Posts
1 of 31

Menurutnya, pembaruan CBN ini didasari oleh keprihatinannya terhadap kondisi pemuda saat ini, dimana banyak pemuda yang mengalami degradasi moral dan lemahnya iman dikarenakan penyalahgunaan NAPZA.

“Dari hasil data yang ada pada kami, banyak pemuda di Yogyakarta yang bermasalah dengan narkoba, ada yang terjaring sebagai pengguna dan ada juga yang terciduk menjadi pengedar maupun kurir, sehingga regenerasi atau pembentukan pengurus CBN ini, bagi kami (Karang Taruna Jogja) menjadi suatu keharusan, dan tidak bisa ditawar lagi,” tutur Solihul.

Susunan kepengurusan CBN dibentuk pada Selasa (17/4) malam lalu di Pendapa Kantor Kecamatan Jetis, Kota Jogja. Dalam kepengurusan CBN kali ini, sebagai Ketua Aditya Muhammad Syamsudin (Mahasiswa Tekhnologi Mineral UPN), dan Sekretaris Yardema Mulyani (Mahasiswa Ketahanan Nasional S2 UGM).

“Target kerja ketua CBN yang baru, CBN harus tumbuh di semua kelurahan se-Kota Jogja dan berkomitmen bersama dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Jogja,” tegas pria yang biasa disapa Adit. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline