ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sejarah Islam di China

0

KAPAN Islam pertama kali menyentuh daratan China? Para peneliti dan sejarawan telah berupaya mengungkap jawabannya. Namun, kesimpulan atas pertanyaan tersebut berbeda-beda.

Teori yang paling populer disampaikan oleh sejarawan kontemporer Chen Yuan. Menurutnya, Islam diperkenalkan di China pada tahun kedua kaisar Yonghui dari Dinasti Tang (651 M). Chen Yuan menemukan catatan aktual ‘Sejarah Tang’ dan ‘Cefu Yuanghui (Panduan buku)’.

BACA JUGA: Kekang Uighur, Rezim Cina Terapkan Kampanye Anti-Halal

Berdasarkan catatan tersebut diketahui, pada tahun kedua kekaisaran Yonghui, kaisar Gaozong dari Dinasti Tang, Khalifah ketiga Arabia Othman (644-656 M) mengirim utusan diplomatik ke Chang’an, ibu kota Tang,untukmemperkenalkan kekhalifahan Islam.

Kedatangan Islam di China terjadi melalui rute darat dan laut. Pada tahun ke-9 Yongyuan, masa Kaisar Hanhe dari Dinasti Han, pemerintahan China berhasil mencapai jazirah Arab melalui misi diplomatik. Sebelumnya, Dinasti Han menguasai berbagai daerah seperti Xinjiang dan Asia Tengah.

Dinasti Tang dan Song (618-1279 M) adalah periode awal Islam di China. Muslim pada saat itu terdiri dari pedagang, tentara dan utusan diplomatik dari Arab, Persia dan negara lainnya. Para muslim yang telah menetap di China disebut Zhu Tang (orang asing yang tinggal di China).

Related Posts

Mereka berbaur dan menikahi wanita Tionghoa. Keturunan mereka menjadi warga asli Fan Ke (muslim asing). Untuk memenuhi kebutuhan ibadah dan adat, dibangunlah masjid-masjid, seperti: masjid Huaisheng di Guangzhou, Masjid Qinjing di Quanzhou, masjid Xianhe di Yangzhou, masjid Fenghuang di Hangzhou. Selanjutnya,pemerintah membangun Fan Xue (sekolah untukorang asing), yang dikelola oleh muslim sendiri.

BACA JUGA: Penderitaan Muslim Uighur, Krisis Hak Asasi Manusia yang Diabaikan Dunia

Sedangkan, penyebaran Islam dariperbatasan barat China berhubungan dengan sejarah dinasti Karakitai. Di akhir masa Dinasti Tang, etnis Hui Hu (suku kuno yang mememeluk Islam) bermigrasi ke barat. Mereka kemudian menyerahkan diri kepada Garluq dan membangun sebuah rezim Hui Hu baru yang disebut Karakitai.

Karakitai ini berlangsung selama 370 tahun, sejak pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-13.

Seiring perjalanan sejarah komunitas Hui di China kemudianberkembang menjadi 10 kelompok/etnis, salah satunya adalah etnis Uighur. []

Sumber: ISLAM IN CHINA, Mengenal Islam di Negeri Leluhur/ Karya: Mi Shoujiang dan You Jia/ Penerbit: Lkis Pelangi Aksara/ Tahun: 2014

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend