Sandiaga Klaim Gaji Guru DKI Rp 31 Juta, Wakadisdik Tertawa

0

JAKARTA—Klaim Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno soal gaji guru PNS di ibu kota ditanggapi dengan tertawa oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Bowo Irianto.

Secara tidak langsung, Bowo membantah pernyataan Sandiaga yang menyebut gaji guru terbaik di DKI tidak kalah dengan Finlandia, yakni Rp31 juta, Suara.com melaporkan.

“Saya balik jadi guru deh kalau begitu. Rata-rata gaji kan standar,” ujar Bowo, Kamis (11/1/2018).

Bowo menerangkan, besaran gaji pokok guru di Jakarta rata-rata sekitar Rp3,5 juta sampai Rp4,5 juta.

Sebagian guru di Jakarta, kata Bowo, juga ada yang mendapat tunjangan sertifikasi. Uang yang didapat itu bersumber dari APBN.

“Tunjangan sertifikasi profesi itu besarnya sama dengan gaji. Berarti kan dua kali gaji sebulan. Berarti dapatnya Rp7 jutaan sebulan. Tapi tidak semua guru dapat tunjangan sertifikasi,” jelasnya.

Selain mendapat gaji pokok dan tunjangan sertifikasi, guru di Jakarta dapat tunjangan kinerja daerah. Bowo menyebut TKD DKI yang didapat guru setiap bulannya sekitar Rp7-8 juta.

“Kalau Rp30 juta (mungkin maksud Sandiaga) itu untuk dua atau tiga bulan,” tukasnya.

Related Posts
1 of 7

Ia memperkirakan gaji guru di Jakarta ditambah dengan tunjangan sertifikasi dan TKD sebesar Rp14 juta per bulan.

Sebelumnya, Sandiaga membahas isu pendidikan dengan tokoh pendidikan Islam Indonesia Nanat Fatah Natsir dan Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Andi Faisal.

Sandiaga menilai negara Finlandia yang paling bagus dalam hal pendidikan.

Konsep pendidikan di Finlandia dibahas dalam pertemuan tertutup antara Anies, Nanat, dan Andi di ruang rapat wakil gubernur, gedung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

“Jadi ada 7 atau 8 intervensi yang dilakukan di Finlandia sangat mendasar, sehingga tingkat pendidikan di Finlandia itu terbaik dunia. Yang lain sudah banyak dijalankan di DKI, seperti anak SD harus 7 tahun, tak boleh lebih atau di bawah itu,” ujar Sandiaga.

Meski begitu, Sandiaga mengatakan gaji guru di Jakarta tidak kalah dengan dengan salah satu negara di Eropa tersebut.

“Jadi saya lihat di sana guru standarnya Rp31 juta rupiah per bulan, ternyata guru-guru kita yang terbaik sudah segitu juga (gajinya),” kata Sandiaga. []

SUMBER: SUARA

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline