ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ringan Hati pada Kerabat

0

“Sesungguhnya di antara jalan yang mengantarkan kita kepada surga adalah sifat penyayang dan ringan hati kepada kerabat. Berkata Rasulullah Saw dalam sebuah hadits, “Penghuni surga itu ada tiga. Pertama, penguasa yang berlaku adil, dapat dipercaya dan berhasil dalam kepemimpinannya. Kedua, orang yang penyayang dan ringan hati kepada setiap kerabatnya. Ketiga, orang Islam yang menjaga dirinya dari melakukan perbuatan haram dan juga menjaga keluarganya,” (HR. Muslim).

DARI hadits di atas, kita dapatkan informasi bahwa seseorang bisa memasuki surga dengan 3 hal. Menjadi seorang pemimpin yang adil, menyayangi kerabat, dan menjaga diri serta keluarganya dari perbuatan yang haram.

BACA JUGA:
Wahai Rasulullah, Kenapa Engkau Menangis?
Bayi versus Profesor

Mengapa sikap ringan hati kepada kerabat menjadi salahsatu hal yang bisa memasukkan seseorang ke dalam surga? Karena kita ketahui bersama, bahwa Allah lah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Jika hidup ini tanpa kasih sayang, mungkin hari ini kita tidak akan pernah melihat seorang ibu yang bercengkrama ria dengan anak-anaknya. Dengan sikap penyayang itulah, Allah hadirkan keharmonisan kasih sayang di antara makhluk-Nya. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...