islampos
Media islam generasi baru

Pelihara Jenggot, Apa Sih Manfaatnya?

Foto: Getty Images
0

Jenggot adalah sejenis rambut yang berada di bawah dagu. Jenggot dianggap oleh sebagian orang sebagai tanda lanjut usia. Namun mirisnya, terkadang mereka yang berjenggot seringkali diasumsikan terkait dengan golongan-golongan tertentu.

“Bedakanlah kalian dengan orang-orang musyrik, yaitu banyakkanlah jenggotmu dan pangkaslah kumismu,” (HR Bukhari).

“Pangkaslah kumis kalian dan biarkan jenggot kalian tumbuh.” Dalam riwayat lainnya,: “Cukurlah kumis kalian dan biarkan tumbuh jenggot kalian,” (HR Muslim).

Padahal, banyak sekali manfaat dari mempelihara jenggot yang ternyata merupakan salah satu Sunnah Rasulullah SAW. Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan sebagaimana dilansir Fox News, berikut beberapa manfaat memelihara jenggot.

1. Melindungi dari Paparan Sinar UV

Menurut hasil penelitian dari University of Southern Queensland, jenggot dapat melindungi kulit hingga 95 persen dari efek sinar UV matahari. Hal itu dapat mencegah karsinoma sel basal atau kanker.

2. Mencegah Infeksi Kulit

Penggunaan pisau cukur ternyata dapat menyebabkan jerawat, ruam di kulit, serta peradangan pada partikel rambut.

Menurut Dr Shannon C. Trotter, seorang rekan dari College of Osteopathic Dermatologi dan dermatologis di Ohio State Wexner Medical Center mengatakan, “Penggunaan pisau cukur dapat mengiritasi kulit serta penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada partikel rambut.”

3. Terlihat Lebih Maskulin

Dalam penelitian tentang “Evolusi dan Perilaku Manusia”. Anda nampak terlihat lebih maskulin jika memiliki jenggot tipis yang menghiasi wajah. Studi ini menemukan bahwa pria yang memiliki jenggot tipis tampak terlihat sangat menarik di mata wanita.

4. Pelembab Wajah Alami

Lainnya dari Kategori ini
1 of 228

Kulit kita memiliki kelenjar minyak alami yang dapat melembabkan wajah. Menurut Dr Trotter, kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak di wajah Anda berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Memiliki jenggot tebal, berarti terdapat kelenjar minyak yang tersembunyi di dalamnya, sehingga membuat kulit di sekitar jenggot memiliki kelembapan alami.

Jenggot juga dapat melindungi kulit dari paparan angin yang dapat mebuat kulit Anda kering dan infeksi.

5. Mengatasi Asma dan Flu

Jenggot tebal yang tumbuh dibawah dagu dan leher juga dapat menaikkan suhu di sekitar leher, sehingga dapat membantu melawan batuk dan pilek saat Anda menderita flu.

“Rambut adalah isolator yang membuat tubuh Anda hangat. Jenggot panjang dan lebat juga dapat menghangatkan wajah dan leher Anda ketika cuaca dingin.” []