PBB Hapus Pemimpin Pejuang Afghanistan dari Daftar Teroris

0

NEW YORK – PBB Jumat lalu menghapus nama seorang pemimpin pejuang Afghanistan dari daftar teroris yang ditunjuk, lapor Anadolu Agency.

Dalam sebuah pernyataan, PBB mengatakan komite Dewan Keamanan menghapus nama Gulbuddin Hekmatyar dari daftar sanksi ISIS dan al-Qaidah.

Hekmatyar, seorang pemimpin mujahidin terkenal dari era Perang Soviet-Afganistan, masuk dalam daftar hitam PBB pada tahun 2003 karena ditengarai memiliki hubungan dengan al-Qaidah serta Taliban, dan kelompoknya, Hizbul Islami, terdaftar sebagai organisasi teroris.

Hekmatyar September lalu menandatangani kesepakatan perdamaian bersejarah dengan Kabul sehingga membuka jalan baginya untuk kembali ke arena politik. Dia saat ini diyakini berada di sebuah lokasi rahasia di Pakistan.

Tahun lalu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani selama pertemuan dengan delegasi Dewan Keamanan PBB secara resmi meminta nama Hekmatyar dihapus dari daftar hitam PBB.

Berusia sekitar 69-tahun, Hekmatyar awalnya berasal dari provinsi Kunduz utara. Dia memulai karirnya memerangi Soviet dan kemudian berbagai faksi Mujahidin selama perang sipil tahun 1990-an, sebelum kemudian pergi ke pengasingan.[fq/islampos]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline