Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat atas Kemenangan Referendum Erdogan

0

ANKARA–Para pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas Kemenangan ‘Ya’ dalam sebuah referendum bersejarah Turki Ahad kemarin (16/4/2017).

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dalam panggilan telepon dengan Erdogan mengatakan bahwa hasil referendum akan meningkatkan status Turki di panggung global.

“Referendum ini niscaya akan menandai awal dari sebuah era baru dalam sejarah negara Turki dan akan memperkuat peran yang stabil bagi Turki di arena internasional,” kata Aliyev.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga mengucapkan selamat kepada Erdogan, kata sumber-sumber presiden Turki.

Menurut sumber-sumber diplomatik, para pemimpin dari Hungaria, Macedonia, Arab Saudi, Sudan, dan Kenya menyampaikan selamat kepada Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu lewat panggilan telepon.

Presiden dan perdana menteri Pakistan mengatakan hasil referendum mencerminkan keinginan rakyat Turki untuk Turki yang lebih kuat.

Mereka juga menyuarakan adanya harapan jalan baru yang akan membantu mengkonsolidasikan keuntungan yang dibuat di Turki dalam 15 tahun terakhir bagi stabilitas serta kemakmuran dan membuka jalan bagi kemajuan rakyat Turki di masa depan.

Related Posts
1 of 115

Salah satu partai politik terbesar Pakistan, Jama’ah e ‘Islami, juga mengucapkan selamat kepada Erdogan dan rakyat Turki atas kemenangan referendum bersejarah.

Pemimpin partai Siraj-ul-Haq, yang juga anggota Senat, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa hasil referendum menunjukkan kepercayaan rakyat Turki dalam melihat kebijakan partai AKP yang saat ini sedang berkuasa.

Wakil Presiden Irak Usame Nuceyfi juga mengucapkan selamat kepada Erdogan. “Bapak Presiden, saya senang untuk mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Turki atas referendum yang bertujuan untuk perubahan konstitusi,” kata Usame.

Dalam pesan telegram, Presiden Djibouti Ismail Omar Guelleh mengatakan dia senang dengan hasil referendum dan menyebut kemenangan ‘Ya’ merupakan kemajuan bagi demokrasi di Turki.

Salah satu pemimpin Hamas, Izzet Er-Resa, juga mengirimkan ucapan selamat Hamas melalui Twitter untuk Erdogan, Perdana Menteri Binali Yildirim dan pimpinan partai politik Turki. “Turki telah mengambil langkah besar dalam perjalanan pembangunan sehingga mencapai sukses yang baru,” katanya.

Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengungkapkan kebahagiaan mereka atas kemenangan Erdogan dalam referendum dan mengatakan hasil referendum akan berkontribusi pada stabilitas Turki dan dukungan lebih luas terhadap masalah Palestina.

Petinggi Ikhwanul Muslimin Mesir, Talaat Fehmi mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Turki memberikan pelajaran demokrasi kepada dunia bahwa “para pemimpin yang didukung oleh bangsanya sendiri dapat mengatasi semua kesulitan”.[fq/islampos]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline