Myanmar Larang Biksu Anti Islam Wirathu Berceramah Selama Satu Tahun

0

YANGON – Wirathu, biksu asal Myanmar yang terkenal karena sikap anti-Muslimnya, dilaporkan dilarang memberikan ceramah di negara tersebut selama satu tahun ke depan. Demiikian menurut para pejabat negara itu Sabtu ini (11/3/2017).

Komite Sangha Maha Komite, yang mengawasi dan mengatur biksu Buddha di Myanmar, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Wirathu berulang kali menyampaikan pidato kebencian terhadap agama lain sehingga menyebabkan perselisihan komunal dan menghambat upaya penegakan hukum, serta mengobarkan ketegangan.

Aung San Win, seorang pejabat senior di Kementerian Agama dan Kebudayaan Myanmar mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa larangan Wirathu berceramah diputuskan pada hari Kamis pada pertemuan Komite.

“Larangan satu tahun dimulai pada hari Jumat kemarin,” katanya.

Related Posts
1 of 72

Menurut pernyataan itu, Wirathu kemungkinan akan berhadapan dengan hukum atas pelanggaran dari ceramah-ceramahnya.

Langkah itu muncul setelah Wirathu berceramah hari Rabu lalu di sebuah kota kecil Maubin di Ayeyawaddy meskipun sudah ada larangan dari pemerintah daerah.

Wirathu adalah salah satu anggota dari Asosiasi untuk Perlindungan Ras dan Agama (lebih dikenal sebagai Ma Ba Tha dalam bahasa Myanmar) yang dinilai sengaja memicu api kebencian agama terhadap minoritas Muslim di negara itu.

Dengan instruksi dari Wirathu, anggota Ma Ba Tha di Mandalay, mengajukan kasus pencemaran nama baik pada hari Rabu lalu melawan Swe Win, seorang wartawan lokal terkemuka. [fq/islampos]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline