islampos
Media islam generasi baru

Makanan Haram Timbulkan Efek Negatif, Begini Penjelasannya

0

HARAM dan halalnya suatu makanan telah ditentukan dalam agama Islam. Ini disebabkan besarnya suatu efek makanan dalam kehidupan manusia. Tidak hanya dari segi kesehatan tubuh saja, melainkan dapat mempengaruhi aspek-aspek lainnya.

Satu dari beberapa efek negatif makanan haram ialah dapat mendatangkan berbagai macam penyakit. Hal ini bisa berasal dari bakteri yang terdapat di dalam makanan haram tersebut. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang jelas kehalalannya karena dapat mencegah datangnya berbagai penyakit. Allah Ta’ala berfirman :

“Berikanlah mas kawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mas kawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang hani’an (baik) dan mari’an (baik akibatnya)”. (QS. An-nisa’: 4)

Imam Al-Qurtubi Rahimahullah menukil dari sebagian ulama’ tafsir bahwa maksud firman Allah Ta’ala “hani’an Mari’an” adalah Hani’an itu bermakna yang baik lagi enak dimakan dan tidak memiliki efek negatif. Sedangkan Mari’an ialah yang tidak menimbulkan efek samping setelah dimakan, mudah di cerna, dan tidak menimbulkan penyakit atau gangguan”. (Tafsir Qurtubi: 5/27).[]

Sumber: Infoyunik

loading...
loading...