Lecehkan Delegasi Oposisi, Jurnalis Pro-Assad Diusir dari Gedung PBB

Foto: MEMO
0 53

JENEWA—Kedapatan melecehkan dan menghina pidato delegasi oposisi Suriah dalam perundingan damai antara oposisi dan rezim Suriah, Roba al-Hajli–jurnalis—pendukung Bashar al-Assad, diusir keluar dari gedung PBB di Jenewa, Swiss.

Beberapa media melaporkan, Roba yang juga koresponden sebuah televisi di Suriah terancam dideportasi dari Swiss. Namun kabar itu dibantah oleh sejumlah jurnalis pendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pewarta pro-Assad itu mengatakan bahwa Roba hanya diusir dari gedung PBB setelah meliput negosiasi antara oposisi Suriah dengan delegasi pemerintah pada (16/5/2017) lalu.

Dalam sebuah rekaman video atas insiden itu, memperlihatkan Roba menghina delegasi oposisi saat mereka melewati gedung PBB di Jenewa.

Meskipun demikian, tak satupun delegasi oposisi itu meresponnya. Namun ketika pihak berwenang mengetahui kejadian tersebut, polisi diperintahkan mengawal dan mengusir jurnalis tersebut dari gedung PBB.

“Beberapa jurnalis yang bekerja untuk media pendukung Assad mengatakan, Swiss bakal mendeportasi Roba,” lansir Al Arabiya, Kamis, (18/5/2017).

Sejumlah media mengatakan, bahwa delegasi oposisi mengajukan komplain atas sikap Roba termasuk perilakunya yang dianggap melanggar kode etik jurnalistik.

Seperti diketahui, Roba al-Hajli memiliki kedekatan dengan pejabat pemerintahan Assad. Wartawan ini pernah wawancara dengan Assad beberapa kali dan bertemu dengannya di beberapa tempat. []

loading...
loading...