ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

LBH Bang Japar Kecewa Pelaku Penghina Habib Rizieq Dibebaskan

0

JAKARTA–Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bang Japar, Juju Purwanto merasa kecewa atas sikap kepolisian yang melepaskan Abdul Syukri terduga penghina Imam Besar FPI Habieb Rizieq Syihab (HRS).

Juju menegaskan persoalannya pelaku bukan hanya diduga melakukan penghinaan kepada individu, tetapi postingannya juga sudah jelas mengandung unsur kebencian dan permusuhan.

Selain itu, Juju juga mempertanyakan alasan  Polisi tidak mengenakan Pasal 28 (2) UU ITE, Jo 45A, karena apa yang diduga dilakukan oleh pelaku cukup memenuhi unsur menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan /atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA.

“Pasal tersebut adalah delik formal (biasa), jadi tidak memerlukan suatu Laporan, sehingga Polisi berhak langsung memproses dan menahannya,” ujar Juju saat dikonfirmasi Islampos.com, melalui pesan singkat, Rabu (06/12/2017).

Ia menjelaskan, pasal tersebut juga  selalu dikenakan kepada para tersangka lain seperti yang terjadi pada Dr. Alfian Tanjung, Asma Dewi, Jonru, Jasriadi/saracen.

“Seharusnya equality before the law ditegakkan kepada siapapun, tanpa tebang pilih (diskriminasi),” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya polisi memulangkan Abdul Syukri, terduga penghina Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab, yang diamankan oleh ormas FPI dan Bang Japar.

Namun, polisi menyebut tidak menangkap Abdul Syukri,” Karena banyak orang datang dibawa ke polisi buat diamankan, sebab di Polsek banyak orang diamankan di Polres, khawatirkan akan terjadi kericuhan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, Selasa (5/12/2017) lalu

Polisi melepaskan Syukri karena tidak ada laporan polisi atas dugaan penghinaan tersebut.

Diduga kasus ini berawal saat Syukri yang diduga menghina HRS berinisial AS dengan akun medsos bernama Ukky Thiam. kemudian AS diamankan di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat Minggu (3/12/2017) malam. []

Reporter: Rhio

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...