ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lakukan Amalan Ini, Setan Tak Bisa Ikut Serta

Foto: www.malayalamlive.co
0

SETIAP saat setan selalu berkeliaran di sekitar kita. Ya, memang dia hanya akan jadi pengecoh dalam hidup. Sehingga, kita akan terjerumus pada jalan yang salah karena hasutannya. Bahkan, dalam setiap amalan baik pun, ia selalu ikut andil agar kita melakukan kesalahan.

Tapi ternyata ada satu amalan yang tak bisa dilakukan oleh setan lho! Apa ya?

Amalan itu adalah Qailullah atau istirahat siang. Ya, setan tak bisa ikut serta untuk melakukan amalan ini dan menganggu kita. Selain itu, aktivitas ini juga bermanfaat jika dilihat dari sisi kesehatan.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Sahl bin Sa’d berkata, “Tidaklah kami qailulah (tidur siang) dan makan siang kecuali setelah shalat Jum’at,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Disebutkan pula dari para sahabat bahwa, “Pernah suatu ketika ada orang-orang Quraisy yang duduk di depan pintu Ibnu Mas’ud. Ketika tengah hari, Ibnu Mas’ud mengatakan, “Bangkitlah kalian (untuk istirahat siang). Yang tertinggal hanyalah bagian untuk setan.” Kemudian tidaklah Umar melewati seorang pun kecuali menyuruhnya bangkit,” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1238, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 939: hasanul isnad).

Rasulullah ﷺ bersabda, “Qailulah (istirahat siang)lah kalian. Sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang,” (HR. Abu Nu’aim dalam at-Thib:12/1,Thabrani dalam al-Ausath: 2725. Dihasankan oleh al-Albani dalam as-Shahihah: 1647)

Sehingga dari riwayat ini diketahui bahwa Rasulullah ﷺ sangat menganjurkan untuk tidur siang. Bahkan tidak tanggung-tanggung, hal ini merupakan pembeda antara manusia dengan setan yang dilaknat. []

Sumber: palingyunik.blogspot.co.id

loading...
loading...